digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pengalaman pasca pembelian merupakan salah satu pendorong utama konsumsi Kendaraan Listrik (EV) di Jabodetabek, terutama bagi pemilik Kendaraan Listrik Baterai (BEV) di daerah perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sikap pelanggan terhadap pengalaman pasca pembelian dan hal-hal yang memiliki dampak penting terhadap tingkat kepuasan di antara pemilik BEV. Metode penelitian yang digunakan di sini adalah kuantitatif, berdasarkan survei terhadap 165 pemilik BEV di Jabodetabek yang telah memiliki kendaraan selama lebih dari tiga bulan. Model penelitian yang digunakan di sini didasarkan pada Expectation Confirmation Theory (ECT), Total Cost of Ownership (TCO), Perceived Value, dan Customer Experience (CX). Tujuh variabel digunakan, termasuk enam faktor pemungkin dan satu faktor ekspektasi. Keenam elemen pemungkin tersebut adalah ketersediaan stasiun pengisian daya, biaya perawatan, daya tahan baterai, fitur keselamatan dan performa, garansi dan layanan purna jual, serta insentif dari pemerintah. Yang ketujuh adalah ekspektasi sebelum pembelian.