digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Selama dekade terakhir ini sebagian besar perusahaan telah mengalihkan beberapa fungsi pekerjaan yang bukan pekerjaan inti, kepada pihak atau perusahaan lain dengan tujuan memfokuskan pertumbuhan perusahaan dan memenangkan persaingan bisnis. Kegiatan- kegiatan ini disebut kegiatan alih daya (outsourcing) dan menjadi tren secara global, karena bisnis ini menciptakan permintaan pasar spesifik baru dan peluang bisnis. Pasar domestik masih menjadi daya tarik bagi perusahaan alih daya (outsourcing) untuk dikembangkan, demikian juga dengan PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS), sebagai anak perusahaan PT Pelindo III, PT PDS didirikan untuk mengelola pekerja kontrak di PT Pelindo III yang sudah memiliki kompetensi kerja di industri pelabuhan. Ukuran Pasar PT PDS masih di-dominasi oleh pasar PT Pelindo III Group (Pasar Captive) sebanyak> 99%, sedangkan pasar eksternal hanya <1%. Padahal, pasar alih daya (outsourcing) eksternal untuk kegiatan pekerjaan non-inti, baik di Industri Pelabuhan maupun industri umum di luar Pelindo III Group masih berpotensi diraih oleh PT PDS, tetapi hingga saat ini hal tersebut masih belum bisa diambil oleh PT PDS. Tesis ini disusun untuk menganalisis Strategi Pemasaran yang akan dijalankan oleh PT PDS dalam rangka memperluas ukuran pasar terutama Pasar Eksternal. Dalam merumuskan strategi yang mungkin di PT PDS, menggunakan beberapa alat analisis yaitu PESTEL, Five Forces Porter, Analisis Pasar dan Analisis Pesaing untuk analisis faktor eksternal perusahaan dan sebagai analisis faktor internal perusahaan akan menggunakan nilai analisis rantai dan analisis sumber daya. Strategi produk sebagai strategi yang diusulkan dalam memperluas pasar eksternal PT PDS adalah rekomendasi dari hasil analisis yang telah dilakukan dan selanjutnya disusun rencana aksi untuk mengimplementasikan strategi oleh PT PDS. Berdasarkan rencana aksi ini, maka jadwal dan sumber daya perencanaan diatur.