2019_TA_PP_ARIEF_YUNIANTO_1.pdf
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Wayfinding sendiri merupakan proses yang cukup penting bagi
pengunjung untuk mencapai tempat yang dituju. Selain itu, proses ini juga
diperlukan saat keadaan darurat dimana pengunjung harus cepat dalam
menentukan jalan keluar saat terjadi bencana seperti kebakaran, gempa,
dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan elemen pembentuk
interior suatu pusat perbelanjaan dapat mempengaruhi preferensi
wayfinding dari pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis dengan pengumpulan data melalui studi literatur
mengenai hal terkait, observasi objek penelitian, dan kuesioner kepada
pengunjung mengenai pengalaman wayfinding dalam suatu pusat
perbelanjaan. Berdasarkan hasil observasi dan analisa, banyak aspek
elemen pembentuk ruang yang dijadikan acuan dalam proses wayfinding
dan terdapat lima elemen pembentuk ruang yang mempengaruhi yaitu
path, edge, district, nodes, dan landmark.