Industri salon saat ini semakin berkembang karena adanya perubahan gaya hidup pada masyarakat perkotaan yang mudah terkena stress akibat kesibukan pekerjaan. Mereka mulai melakukan perawatan kecantikan di salon untuk relaksasi dan membuat penampilan menjadi lebih menarik. Perkembangan ekonomi serta meningkatnya masyarakat kelas menengah juga berdampak pada meningkatnya konsumen potensial dari industri ini yang cenderung mencari salon yang menawarkan kualitas jasa yang baik dengan harga terjangkau. Guzell salon & Spa yang berlokasi di Tangerang Selatan menawarkan perawatan kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut. Namun, karena bisnis ini baru terbentuk selama kurang dari 5 tahun, hasil penjualan masih belum memenuhi target dikarenakan karena strategi marketingnya masih buruk. Oleh sebab itu, penelitian ini akan melakukan analisis untuk usulan segmentasi dan jasa dengan melakukan analisis pada analisis STP, Marketing Mix, analisis Kualitas Servis.
Penelitian in menggunakan kuesioner, interview mendalam dan analisis terhadap kuesionernya. Untuk kuesioner peneliti menyebarkan kepada 100 pengunjung Guzell Salon & Spa yang sedang ataupun baru selesai melakukan perawatan kecantikan. Selanjutnya hasil kuesioner dianalisis menggunakan SPSS dan dari hasil nya ditemukan bahwa Guzell Salon & Spa memiliki kekurangan dalam beberapa variabel dari marketing mix, sebagian besar dimensi kualitas servis dan STP yang kurang sesuai.
Berdasarkan masalah yang ada, peneliti mengajukan beberapa solusi untuk Guzell Salon & Spa untuk perbaikan internal perusahaan seperti membuat beberapa layanan perawatan kecantikan yang baru, merekrut karyawan marketing agar bisa fokus dalam hal promosi secara online dan offline, perbaikan dalam hal kualitas servis dan memperbesar konsumen yang akan ditargetkan. Selain itu, penulis juga memberikan input berupa jadwal untuk perencanaan dan biaya.
Perpustakaan Digital ITB