digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Sony Indonesia Cabang Jawa Barat merupakan salah satu cabang PT. Sony Indonesia yang berada di Indonesia. Perusahaan ini memiliki cabang yang tersebar diseluruh Indonesia dan salah satunya adalah PT. Sony Indonesia Cabang Jawa Barat. PT. Sony Indonesia Cabang Jawa Barat membagi channel bisnisnya menjadi Modern Channel (CM2) dan Traditional Channel (CM1). Televisi merupakan salah satu produk yang memberikan keuntungan terbesar bagi PT. Sony Indonesia Cabang Jawa Barat. Televisi Sony mengalami persaingan yang sangat ketat di daerah Jawa Barat. Samsung, LG, dan Sharp merupakan saingan terbesar dan terkuat bagi televisi Sony di industri televisi Jawa Barat. PT. Sony Indonesia Cabang Jawa barat memiliki share pasar yang paling rendah dibandingkan tiga pesaing utama seperti Samsung, LG, dan Sharp yang dilihat dari tahun 2014 hingga 2016. Sebagai perusahaan yang memiliki share pasar di industri televisi yang paling rendah, PT. Sony Indonesia Cabang Jawa Barat ternyata memiliki permasalahan dalam hal performa penjualan televisi yang terus menerus menurun dari tahun 2014 hingga 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengapa performa penjualan televisi Sony pada PT. Sony Indonesia Cabang Jawa Barat terus menerus menurun dari tahun 2014 hingga 2016 dan bagaimana cara mengatasi permasalahan ini. Dari analisa tersebut terdapat tiga akar permasalahan diantaranya (1) harga yang lebih tinggi dibanding harga pesaing, (2) inovasi produk yang ketinggalan jaman dibandingkan pesaing, dan (3) rendahnya kepedulian terhadap merk. Solusi bisnis yang diusulkan dengan cara membagi segmenting, targeting, dan positioning kedalam 2 tipe: “DELUXE” untuk kelas premium dan “MODERATE” untuk kelas menengah yang dianggap sebagai solusi bisnis yang paling tepat. Solusi bisnis ini didukung dengan cara membuat dan mengimplementasikan berbagai kegiatan pemasaran yang sesuai dengan masing-masing target pasar yaitu “DELUXE” dan “MODERATE”.