digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Anindita Putri [17421017]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Di tengah meningkatnya jumlah single mother di Indonesia, banyak ibu yang harus menjalani peran ganda di tengah stigma sosial. Kampanye sosial dapat menjadi strategi potensial untuk mendukung mereka. Oleh karena itu, penelitian ini merancang konsep, strategi, dan desain media kampanye sosial sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility ParagonCorp, dengan fokus pada pemberdayaan single mother dalam parenting. Dengan metode double diamond, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur, lalu dianalisis menggunakan model analisis data kualitatif Miles & Huberman. Hasilnya adalah kampanye “Cerita Satu Ibu”, sebuah integrated campaign yang berfokus pada produksi film partisipatif sebagai media utama, didukung oleh berbagai media lainnya. Kampanye ini menggunakan model AISAS, narasi four-act structure, serta tahapan conditioning–informing–reminding, dengan tone heartfelt, empowering, dan real. Single mother dilibatkan langsung dalam produksi kampanye, menghadirkan keterwakilan autentik dan koneksi emosional. Uji persepsi menunjukkan keberhasilan kampanye dalam membangun empati dan ruang ekspresi. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan kampanye yang empatik dan representatif dapat memberdayakan single mother dalam menjalani peran parenting.