Anindita Putri [17421017]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Di tengah meningkatnya jumlah single mother di Indonesia, banyak ibu yang harus
menjalani peran ganda di tengah stigma sosial. Kampanye sosial dapat menjadi
strategi potensial untuk mendukung mereka. Oleh karena itu, penelitian ini
merancang konsep, strategi, dan desain media kampanye sosial sebagai bagian
dari program Corporate Social Responsibility ParagonCorp, dengan fokus pada
pemberdayaan single mother dalam parenting. Dengan metode double diamond,
data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur, lalu dianalisis
menggunakan model analisis data kualitatif Miles & Huberman.
Hasilnya adalah kampanye “Cerita Satu Ibu”, sebuah integrated campaign yang
berfokus pada produksi film partisipatif sebagai media utama, didukung oleh
berbagai media lainnya. Kampanye ini menggunakan model AISAS, narasi four-act
structure, serta tahapan conditioning–informing–reminding, dengan tone
heartfelt, empowering, dan real. Single mother dilibatkan langsung dalam produksi
kampanye, menghadirkan keterwakilan autentik dan koneksi emosional. Uji
persepsi menunjukkan keberhasilan kampanye dalam membangun empati dan
ruang ekspresi. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan kampanye yang
empatik dan representatif dapat memberdayakan single mother dalam menjalani
peran parenting.
Perpustakaan Digital ITB