digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Nurul Ulhaq Hidayah [17421040]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan momen penting dalam demokrasi yang menentukan arah masa depan bangsa. Pada Pemilu 2024, pemilih pemula dari kalangan Generasi Z memiliki peran strategis dalam menentukan hasil pemilihan. Namun, praktik politik uang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab masih menjadi ancaman serius terhadap integritas demokrasi, terutama karena rendahnya kesadaran dan pemahaman pemilih pemula terhadap isu tersebut. Penelitian ini bertujuan merancang kampanye sosial yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan sikap kritis Generasi Z terhadap politik uang melalui pendekatan kreatif yang relevan dengan karakteristik mereka. Dengan menggunakan metode studi literatur, wawancara, serta eksplorasi desain komunikasi visual, kampanye ini memanfaatkan media konvensional dan digital sebagai sarana utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kampanye yang selaras dengan kebiasaan Gen Z dan didukung oleh visual yang berani serta tidak konvensional mampu meningkatkan ketertarikan mereka mengenai bahaya politik uang serta mendorong partisipasi mereka dalam Pemilu secara lebih kritis dan independen