Zanetta Charissa E. Bangun [17421037]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
ADHD merupakan gangguan perkembangan saraf dengan gejala yang muncul saat
anak berusia di bawah 12 tahun. Gejala utama meliputi hiperaktivitas, inatensi,
dan impulsivitas sehingga menjadi tantangan bagi orang tua untuk membesarkan
anak ADHD. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kampanye sosial untuk
mengedukasi orang tua agar proaktif dalam penanganan anak ADHD. Penelitian
ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan
studi literatur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perilaku anak ADHD
berdampak pada aspek sosial, akademik, fisik, dan emosional sehingga
membutuhkan penanganan komprehensif yang melibatkan orang tua, psikiater,
dan psikolog. Hasil data juga menunjukkan bahwa masalah utama dari orang tua
anak ADHD adalah kurangnya pemahaman dan motivasi untuk menerima secara
penuh dan membesarkan anak ADHD. Berdasarkan temuan tersebut, rancangan
komunikasi yang memudahkan dan menyenangkan diperlukan agar orang tua
terarah dan termotivasi untuk konsisten mengelola gejala ADHD anak. Kampanye
sosial dirancang dengan pendekatan design thinking dan model komunikasi AISAS.
Kampanye “Adidaya” dirancang dengan ide besar bahwa orang tua berdaya
membesarkan anak ADHD setiap hari secara efektif. Metode DAYA (Deteksi, Asah,
Yakin, Apresiasi) dirancang sebagai pesan utama kampanye dan sebagai panduan
efektif untuk orang tua menangani anak ADHD.
Perpustakaan Digital ITB