digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Gwyneth Eveline Lianto [17420032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia merupakan negara megadiversitas dengan kekayaan alam dan budaya yang berlimpah yang tengah berfokus pada pembangunan negara. Dengan sumber daya lokal yang melimpah, kreativitas dalam memajukan negara melalui kota-kota di Indonesia didorong dengan pemanfaatan potensi lokal sebagai identitas wilayah. City branding merupakan salah satu upaya pemasaran kota untuk memperkuat identitas dan mengembangkan citra kota. Kabupaten Tolitoli merupakan salah satu kota di Sulawesi Tengah yang memiliki potensi lokal berbasis alam, budaya, dan ekonomi kreatif. Namun, Tolitoli masih belum memiliki branding yang dapat diterapkan pada strategi city branding. Perancangan ini akan mengidentifikasi konsep dan strategi brand identity untuk membentuk citra sebagai upaya pembangunan city branding Kabupaten Tolitoli. Melalui metode kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian untuk perancangan ini mencakup kajian pustaka, wawancara pemangku kepentingan, dan analisis data berdasarkan teori competitive identity oleh Simon Anholt. Luaran akhir perancangan akan mencakup brand identity Tolitoli sebagai Kota Sudut Pesisir dan visualisasinya sebagai bagian dari city branding dengan pemasaran internal dan eksternal. Perancangan diharapkan dapat memperkuat identitas dan citra Kabupaten Tolitoli dalam persaingan global, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota secara berkelanjutan.