Abstrak Gwyneth Eveline Lianto [17420032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Indonesia merupakan negara megadiversitas dengan kekayaan alam dan budaya
yang berlimpah yang tengah berfokus pada pembangunan negara. Dengan sumber
daya lokal yang melimpah, kreativitas dalam memajukan negara melalui kota-kota
di Indonesia didorong dengan pemanfaatan potensi lokal sebagai identitas wilayah.
City branding merupakan salah satu upaya pemasaran kota untuk memperkuat
identitas dan mengembangkan citra kota. Kabupaten Tolitoli merupakan salah satu
kota di Sulawesi Tengah yang memiliki potensi lokal berbasis alam, budaya, dan
ekonomi kreatif. Namun, Tolitoli masih belum memiliki branding yang dapat
diterapkan pada strategi city branding. Perancangan ini akan mengidentifikasi
konsep dan strategi brand identity untuk membentuk citra sebagai upaya
pembangunan city branding Kabupaten Tolitoli. Melalui metode kualitatif dan
analisis deskriptif, penelitian untuk perancangan ini mencakup kajian pustaka,
wawancara pemangku kepentingan, dan analisis data berdasarkan teori competitive
identity oleh Simon Anholt. Luaran akhir perancangan akan mencakup brand
identity Tolitoli sebagai Kota Sudut Pesisir dan visualisasinya sebagai bagian dari
city branding dengan pemasaran internal dan eksternal. Perancangan diharapkan
dapat memperkuat identitas dan citra Kabupaten Tolitoli dalam persaingan global,
mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan meningkatkan partisipasi masyarakat
dalam pembangunan kota secara berkelanjutan.