Abstrak Damara Khairunnisa [17420062]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Istilah fast fashion digunakan industri mode yang menawarkan pakaian modis dengan
menciptakan gaya baru dalam frekuensi cepat tetapi tidak terlalu mementingkan kualitas
bahan berfokus pada biaya yang rendah. Strategi fashion tersebut membuat konsumen terus
membeli produk dan berdampak negatif salah satunya pada sektor lingkungan dan sosial.
Namun, nyatanya masih banyak orang terutama Gen Z yang kurang menyadari dampak dari
fenomena fast fashion ini. Oleh sebab itu perlu dirancang suatu kampanye untuk
mengedukasi sikap konsumen serta meningkatkan kesadaran pada konsumsi fashion yang
berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur, wawancara, dan pembagian
kuesioner. Hasil penelitian ini dirancang menjadi karya animasi 2D yang diharapkan mampu
menyampaikan narasi dan pesan secara visual melalui pendekatan edukatif. Rancangan
animasi 2D menyesuaikan selera Gen Z dan dipublikasikan melalui media sosial dengan
format video vertikal sebagai tontonan pendek yang bersifat menarik dan edukatif.