digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Damara Khairunnisa [17420062]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Istilah fast fashion digunakan industri mode yang menawarkan pakaian modis dengan menciptakan gaya baru dalam frekuensi cepat tetapi tidak terlalu mementingkan kualitas bahan berfokus pada biaya yang rendah. Strategi fashion tersebut membuat konsumen terus membeli produk dan berdampak negatif salah satunya pada sektor lingkungan dan sosial. Namun, nyatanya masih banyak orang terutama Gen Z yang kurang menyadari dampak dari fenomena fast fashion ini. Oleh sebab itu perlu dirancang suatu kampanye untuk mengedukasi sikap konsumen serta meningkatkan kesadaran pada konsumsi fashion yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur, wawancara, dan pembagian kuesioner. Hasil penelitian ini dirancang menjadi karya animasi 2D yang diharapkan mampu menyampaikan narasi dan pesan secara visual melalui pendekatan edukatif. Rancangan animasi 2D menyesuaikan selera Gen Z dan dipublikasikan melalui media sosial dengan format video vertikal sebagai tontonan pendek yang bersifat menarik dan edukatif.