Studi penelitian dilakukan untuk menguraikan secara detail mengenai kemasan,
mengidentifikasi elemen dan faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
terhadap kosmetik merek lokal. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data
diperoleh melalui wawancara dan focus group discussion dengan 7 responden dari Mad For
Makeup berjenis kelamin wanita berusia 20 sampai 26 tahun, kemudian dilakukan pengkajian
mendalam untuk mengetahui hasil dari topik yang diteliti mengikuti metode analisis dari Miles
dan Huberman. Penelitian ini menggunakan merek kosmetik lokal Indonesia Mad for Makeup
sebagai pendukung studi kasus, Mad For Makeup memiliki konsep desain kemasan dengan ciri
khas yang tidak dimiliki oleh merek kosmetik lokal lain, penuh dengan inovasi, harga
terjangkau dan citra merek yang baik sehingga dapat menjadi salah satu pemicu bagi konsumen
untuk melakukan pembelian produk Mad For Makeup.
Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor konsumen dalam melakukan
pembelian produk kosmetik Mad For Makeup adalah karena melihat desain dan elemen
kemasan yang dinilai memenuhi kriteria dan memiliki faktor penting sesuai dengan pilihan
responden dalam membeli produk kosmetik. Desain dan elemen seperti jenis material, bentuk
pada kemasan, warna ringan dan cerah yang digunakan pada kemasan, inovasi pada material
aplikator menggunakan silikon, jenis tipografi, sampai foto dan ilustrasi pada kemasan yang
dimiliki oleh kemasan Mad For Makeup, membuktikan bahwa berperan besar terhadap
keputusan pembelian yang dapat menarik perhatian konsumen untuk mencari tahu bahkan
tertarik untuk membeli produknya.