digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi penelitian dilakukan untuk menguraikan secara detail mengenai kemasan, mengidentifikasi elemen dan faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap kosmetik merek lokal. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data diperoleh melalui wawancara dan focus group discussion dengan 7 responden dari Mad For Makeup berjenis kelamin wanita berusia 20 sampai 26 tahun, kemudian dilakukan pengkajian mendalam untuk mengetahui hasil dari topik yang diteliti mengikuti metode analisis dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan merek kosmetik lokal Indonesia Mad for Makeup sebagai pendukung studi kasus, Mad For Makeup memiliki konsep desain kemasan dengan ciri khas yang tidak dimiliki oleh merek kosmetik lokal lain, penuh dengan inovasi, harga terjangkau dan citra merek yang baik sehingga dapat menjadi salah satu pemicu bagi konsumen untuk melakukan pembelian produk Mad For Makeup. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor konsumen dalam melakukan pembelian produk kosmetik Mad For Makeup adalah karena melihat desain dan elemen kemasan yang dinilai memenuhi kriteria dan memiliki faktor penting sesuai dengan pilihan responden dalam membeli produk kosmetik. Desain dan elemen seperti jenis material, bentuk pada kemasan, warna ringan dan cerah yang digunakan pada kemasan, inovasi pada material aplikator menggunakan silikon, jenis tipografi, sampai foto dan ilustrasi pada kemasan yang dimiliki oleh kemasan Mad For Makeup, membuktikan bahwa berperan besar terhadap keputusan pembelian yang dapat menarik perhatian konsumen untuk mencari tahu bahkan tertarik untuk membeli produknya.