digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kencana Bodyworks merupakan bisnis start-up untuk hair solution dari Surabaya. Mulai beroperasi pada akhir 2016, semua produk Kencana Bodyworks dibuat dengan bahan alami. Hingga saat ini, perusahaan berfokus pada sektor online seperti website, marketplace dan sosial media. Namun berdasarkan data yang didapat bersumber dari perusahaan, Kencana Bodyworks memiliki hasil penjualan yang lemah pada sektor sosial media terutama Instagram yang merupakan sosial media terpopuler di Indonesia. Oleh sebab itu, penelitian ini akan menawarkan bantuan untuk Kencana Bodyworks dalam mengatasi bisnis mereka. Tugas akhir ini menggunakan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan analisis kualitatif dari wawancara dengan metode semi-structured. Selain itu, penelitian ini juga memanfaatkan analisis eksternal dengan menggunakan analisis Porter’s 5 Force serta analisis internal dengan menggunakan analisis SWOT sebagai landasan menyelesaikan isu bisnis dengan metode Action Research. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang permasalahan perusahaan yang ada, penelitian ini juga menganalisis strategi pemasaran Kencana Bodyworks meliputi segementation, targeting, positioning, dan marketing mix. Hasil analisis di atas mengidentifikasi beberapa masalah yang perlu segera ditangani. Untuk mencapat tujuan mereka yaitu meningkatkan penjualan online, Kencana Bodyworks harus mengidentifikasi strategi yang sesuai untuk Instagram. Action Research memiliki pendekatan yang komprehensif untuk menyelesaikan masalah, lebih dari satu metode yang dapat digunakan untuk mengambil dan menganalisis data, seperti Diagnosing (mengidentifikasi atau mendefinisikan masalah), Action Planning (memilih alternatif tindakan), Taking Action (memilih dan melakukan tindakan), Evaluating (mempelajari konsekuensi dari tindakan), dan Specifying Learning (mengidentifikasi penemuan umum). Berdasarkan penelitian yang berjalan selama 4 bulan, penulis dapat menyimpulkan bahwa melalui Action Research Model, perusahaan dapat menemukan konten yang terbaik untuk meningkatkan penjualan online yang merupakan isu bisnis seperti Give Away Product, Special Discount, Photo with Article, Video with Article, Endorse Public Figure, Testimonial, Instagram Story, Actively Ask Customer, and Sending Newletter. Selain itu, penulis dapat memberikan rekomendasi strategi, budgeting, dan timeline yang sudah teruji dengan baik untuk digunakan perusahaan pada bulan berikutnya.