digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2025 SK PP Final Project_Naufal Rosyid Hidayat_19222044
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Tren konsumsi dan persaingan di antara merek produk sehat terus meningkat, mendorong produsen untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk produk mereka. Di tengah tren dan persaingan yang semakin meningkat ini, Cashewast menghadapi tantangan dalam hal pemasaran, strategi pemasaran campuran yang sebelumnya diterapkan tidak efektif dan mengakibatkan keputusan pembelian yang lemah di kalangan pelanggan Cashewast. Hal ini menyoroti kebutuhan akan studi yang lebih mendalam dalam merumuskan strategi pemasaran 4P (produk, harga, tempat, promosi). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran 4P untuk produk Cashewast guna meningkatkan keputusan pembelian di kalangan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif melalui kuesioner yang diberikan kepada 200 responden yang merupakan konsumen Cashewast. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan Analisis Regresi Linnear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, tempat, dan promosi memiliki korelasi positif dengan keputusan pembelian pelanggan Cashewast. Namun, harga memiliki korelasi negatif dengan keputusan pembelian. Temuan ini memberikan dasar bagi Cashewast untuk mengembangkan strategi campuran pemasaran yang efektif guna meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Strategi tersebut mencakup produk (pengembangan merek baru, desain dan fitur produk, serta kemasan), tempat (mencari saluran distribusi potensial, jenis outlet, dan distribusi), dan promosi (mengembangkan strategi pemasaran dan promosi penjualan yang efektif). Penelitian ini dapat membantu Cashewast dalam mengembangkan strategi pemasaran campuran yang efektif untuk meningkatkan keputusan pembelian di kalangan pelanggan, yang diharapkan dapat Cashewast mencapai relevansi merek yang lebih tinggi, loyalitas pelanggan yang lebih kuat, dan kinerja penjualan yang lebih baik di industri makanan sehat.