2024 TA PP MUHAMMAD NASRULLAH ZULKARNAIEN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami krisis moral, khususnya krisis dalam
kejujuran. Hal ini merupakan dampak dari kurangnya penanaman pendidikan karakter
kepada remaja. Remaja perlu menyadari pentingnya sikap jujur dan amanah dalam
kehidupan sehari-hari. Menceritakan kisah Jataka yang terukir pada Candi Borobudur
dapat mengajarkan remaja pentingnya nilai karakter dan moral. Kisah Jataka dapat
dibawa melalui media yang disukai oleh remaja, contohnya adalah videogame. Interaksi
dalam videogame dapat mengajarkan pemain mengenai nilai karakter dengan konsep
‘bermain dan belajar’. Game seperti game puzzle dapat menguji pemain untuk berlogika.
Proses perancangan game puzzle untuk mengajarkan remaja mengenai nilai moral melalui
kisah Jataka ini dimulai dengan tinjauan pustaka mengenai relief Candi Borobudur, kisah
Jataka, game puzzle, dan psikografi remaja. Kemudian, dilanjutkan dengan observasi relief
Jataka, wawancara dengan praktisi, dan kuesioner terhadap remaja. Hasil riset kemudian
dijadikan sebagai panduan desain game puzzle. Rancangan game berorientasi pada unsur
unsur game yang disukai oleh remaja berumur 12-16 tahun. Hasil rancangan berupa
sebuah game puzzle mobile dengan elemen narasi dan role-playing (RPG). Cerita dalam
game dirancang menjadi non-linear untuk melatih kepekaan terhadap nilai moral dan
menunjukkan konsekuensi dari aksi pemain.