BAB I Muhammad Aldy Irfan [27123071]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Muhammad Aldy Irfan [27123071]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Muhammad Aldy Irfan [27123071]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Muhammad Aldy Irfan [27123071]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Muhammad Aldy Irfan [27123071]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Menjawab tantangan eksplorasi karier yang dihadapi Generasi Alpha di tengah
disrupsi digital, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem simulasi profesi
berbasis visual yang memadukan psikotes sederhana, pemetaan minat karier, dan
teknologi AI generatif dalam satu alur interaksi yang terstruktur. Sistem ini
dirancang untuk membantu remaja awal dalam mengeksplorasi potensi diri melalui
visualisasi diri masa depan dalam berbagai profesi. Berdasarkan data dari 218
responden, dilakukan kurasi sepuluh kategori profesi utama yang dijadikan dasar
dalam modul profession matching.
Rancangan sistem disusun dalam bentuk blueprint modular yang terdiri dari lima
komponen utama: antarmuka psikotes visual, mesin pemetaan internal, matriks
pemetaan profesi, generator naratif motivasional, dan modul visualisasi profesi
yang dikembangkan melalui metodologi rekayasa prompt. Seluruh desain alur,
tampilan, dan skenario interaksi dituangkan dalam bentuk prototipe menggunakan
Figma.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan visual dan naratif yang
dipersonalisasi, yang dirancang dengan mempertimbangkan prinsip fidelity
simulasi, mampu membangun keterlibatan emosional dan membuka ruang refleksi
karier yang lebih relevan bagi remaja. Rancangan ini diharapkan menjadi acuan atau
blueprint yang dapat direplikasi oleh institusi pendidikan, pemerintah, maupun
kreator independen sebagai intervensi edukatif berbasis desain dan teknologi.
Perpustakaan Digital ITB