2007 TA PP Mufti Alem 1-COVER.pdf
2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 1.pdf
2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 2.pdf
2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 3.pdf
2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 4.log
2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 5.pdf
2007 TA PP Mufti Alem 1-PUSTAKA.pdf
ABSTRAK:
Cahaya merupakan sesuatu yang menarik secara visual karena efek yang ditimbulkan dari
cahaya adalah merupakan sifat dasar dari cahaya dan faktanya cahaya ada di sekeliling kita,
namun keberadaannya sebagai salah satu unsur sains itu seringkali tidak disadari oleh
masyarakat secara umum.
Umumnya di Indonesia, persepsi masyarakat khususnya anak usia sekolah menganggap halhal
yang sifatnya ilmiah cenderung tidak menyenangkan dan membosankan, hal tersebut
didukung dengan data data yang mengatakan bahwa kemampuan siswa yang rendah tentang
konsep-konsep dasar akan materi sains
Berdasarkan hal diatas terdapat terdapat peluang desain dalam memanfaatkan daya tarik sifat
cahaya untuk dikembangkan menjadi suatu permainan yang memiliki unsur edukatif, yaitu
pengenalan sifat cahaya sebagai salah satu materi sains dengan cara yng menyenangkan.
Proyek ini adalah suatu pengembangan desain mainan edukatif dengan memanfaatkan sifat
cahaya sebagai alternatif pengenalan sains yang menyenangkan, dengan pertimbangan akan
aspek pengguna, yaitu anak-anak seputar perkembangan psikologis, mental dan intelektual
mereka.