digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TA PP Mufti Alem 1-COVER.pdf


2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 1.pdf

2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 2.pdf

2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 3.pdf

2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 4.log

2007 TA PP Mufti Alem 1- BAB 5.pdf

2007 TA PP Mufti Alem 1-PUSTAKA.pdf

ABSTRAK: Cahaya merupakan sesuatu yang menarik secara visual karena efek yang ditimbulkan dari cahaya adalah merupakan sifat dasar dari cahaya dan faktanya cahaya ada di sekeliling kita, namun keberadaannya sebagai salah satu unsur sains itu seringkali tidak disadari oleh masyarakat secara umum. Umumnya di Indonesia, persepsi masyarakat khususnya anak usia sekolah menganggap halhal yang sifatnya ilmiah cenderung tidak menyenangkan dan membosankan, hal tersebut didukung dengan data data yang mengatakan bahwa kemampuan siswa yang rendah tentang konsep-konsep dasar akan materi sains Berdasarkan hal diatas terdapat terdapat peluang desain dalam memanfaatkan daya tarik sifat cahaya untuk dikembangkan menjadi suatu permainan yang memiliki unsur edukatif, yaitu pengenalan sifat cahaya sebagai salah satu materi sains dengan cara yng menyenangkan. Proyek ini adalah suatu pengembangan desain mainan edukatif dengan memanfaatkan sifat cahaya sebagai alternatif pengenalan sains yang menyenangkan, dengan pertimbangan akan aspek pengguna, yaitu anak-anak seputar perkembangan psikologis, mental dan intelektual mereka.