BAB I Qonita Afnani Firdaus [27123032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Qonita Afnani Firdaus [27123032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Qonita Afnani Firdaus [27123032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Qonita Afnani Firdaus [27123032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Qonita Afnani Firdaus [27123032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Kota merupakan entitas dinamis yang terus mengalami transformasi, mencakup
beragam bentuk ruang dan komunitas—termasuk kampung kota yang
merepresentasikan cara hidup lokal dan adaptif di dalam jaringan kota. Kampung
Lebak Siliwangi di Bandung menjadi cerminan unik kehidupan urban yang adaptif,
namun masih terpinggirkan dari proses perencanaan formal. Kondisi ini sering
memunculkan “kegagalan imajinasi” pada warga, yang membatasi kemampuan
mereka merumuskan visi jangka panjang dan menumbuhkan ketergantungan pada
bantuan eksternal—tantangan yang semakin krusial bagi anak-anak sebagai
pewaris masa depan kampung. Penelitian ini mengembangkan,
mengimplementasikan, dan mengevaluasi Rencang Rancang: Imajinasi Kampung
Kota, sebuah toolkit partisipatif berbasis pendekatan Designing Futures. Berbentuk
permainan kartu stimulasi, toolkit ini dirancang untuk memfasilitasi anak-anak
dalam mengartikulasikan dan memvisualisasikan aspirasi masa depan mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencang Rancang mampu menjembatani
hambatan ekspresi yang sebelumnya ada, menghasilkan visi masa depan yang
memadukan elemen keseharian yang akrab dengan ide-ide aspiratif baru yang
diperkenalkan melalui kartu.Penelitian ini menghasilkan panduan dan toolkit
desain partisipatif yang inklusif dan kontekstual, menempatkan anak-anak sebagai
subjek aktif dalam perencanaan kota, serta menawarkan pendekatan menuju
pembangunan kota yang lebih adil dan setara.
Perpustakaan Digital ITB