2022 TA PP ANGGUN RAHAYU UTAMI 1.pdf?
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Anak usia 7-9 tahun secara inheren masih tinggi sikap egosentrisnya sehingga rasa empati
terhadap teman sebayanya masih dinilai kurang. Hal ini berimbas pada perlunya edukasi
tentang pendidikan karakter mengenai pentingnya berempati dan berjiwa sosial dengan
harapan agar anak dapat lebih peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Salah satu cara
mengajarkan anak untuk berempati adalah melalui dongeng, contohnya Legenda Gunung
Tampomas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengajarkan pendidikan karakter berbasis
Legenda Gunung Tampomas pada anak usia sekolah 7-9 tahun melalui media book app.
Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu studi literatur, wawancara, dan Forum
Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar anak dapat
memahami pentingnya pendidikan karakter dan budayanya sendiri melalui rancangan book
app interaktif Legenda Gunung Tampomas. Ada dua fitur dalam book app ini. Fitur
pertama yaitu tentang narasi visual interaktif, fitur ini bertujuan untuk memfasilitasi anak
yang belum bisa membaca dan yang baru belajar membaca sehingga anak akan lebih
mudah memahami alur cerita. Fitur keduanya yaitu mini games yang bersifat imersif agar
anak lebih termotivasi untuk mau membaca kembali book app ini. Selama proses
perancangan book app hal yang selalu diperhatikan adalah kesesuaiannya dengan target
perancangan, yaitu anak usia 7-9 tahun.