digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ravina Laurence
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Bermain video games merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan perasaan maupun menurunkan perasaan. Media tersebut dapat diteliti lebih lanjut untuk dapat menggambarkan bagaimana sebuah video games tersebut mempengaruhi seorang pemain game saat memainkannya. Model pegas merupakan salah satu model persamaan diferensial orde dua yang dapat menjelaskan berbagai hal atau fenomena yang terjadi. Model pegas memiliki parameter secara umum, yaitu konstanta pegas dan konstanta redaman yang dapat mempengaruhi pergerakan pegas dalam berosilasi. Dengan menggunakan model pegas dalam menggambarkan dinamika perubahaan persaan pada pemain video games, diharapkan dapat menjelaskan faktor dan bagaimana video games berpengaruh terhadap perasaan pemain games. Dengan menggunakan hasil data survey dan observasi, akan dianalisis model yang digunakan. Model terbagi menjadi 2 jenis, yaitu model pegas yang dipengaruhi gaya luar dengan model pegas yang tidak dipengaruhi oleh gaya luar. Terdapat 3 gaya luar yang digunakan, yaitu gaya luar konstan, linear, dan periodik. Masing-masing gaya luar menggambarkan faktor-faktor eksternal dari game yang dapat mempengaruhi perasaan seorang pemain game saat bermain game. Dari hasil analitik dan numerik model pegas yang disimulasikan, model tersebut dapat menggambarkan bagaimana sebuah video games mempengaruhi persaaan dari masing-masing individu dan dapat menjelaskan karakteristik dari masing-masing individu. Model yang digunakan juga dikatakan fit dikarenakan nilai dari root-mean-squared-error dari model tersebut cukup kecil dan model dapat dikatakan cukup baik. Melalui estimasi parameter, dicari nilai paramter optimal yang dapat mempengaruhi model. Didapatkan hasil model analitik lebih bagus dibandingkan dengan hasil numerik.