Perkembangan K-pop yang semakin pesat dan penggemar K-pop sekarang tersebar di
seluruh dunia. Hal ini dapat menimbulkan perasaan ingin melakukan aktivitas yang
berkaitan dengan K-pop pada penggemarnya, seperti bertemu idola favorit, mengunjungi
tempat-tempat yang berhubungan dengan K-pop, dan menghadiri konser. Hal ini membuka
peluang untuk mengembangkan perusahaan tour khususnya untuk penggemar K-pop. Flaneur
Tour adalah penyedia jasa tour yang menawarkan layanan tour bagi para penggemar K-pop
untuk melakukan kegiatan penggemar K-pop. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
strategi pemasaran yang tepat untuk menjalankan Flaneur Tour.
Analisis internal dan eksternal perusahaan digunakan dalam penelitian ini. Segmenting,
Targeting, and Positioning (STP) dan analisis bauran pemasaran 7Ps digunakan untuk
melengkapi analisis internal. Selain itu, analisis eksternal dilakukan menggunakan Porter's
Five Forces dan analisis motivasi pariwisata yang termasuk faktor Push-Pull dan analisis
hierarki kebutuhan Maslow. Pendorong utama perilaku wisatawan adalah motivasi wisata,
karena hal ini berpengaruh pada keputusan pembelian. Oleh karena itu, strategi yang
diusulkan dihasilkan melalui bauran pemasaran 7Ps berdasarkan faktor Push-Pull yang
melihat motivasi internal dan eksternal penggemar K-pop.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dan teknik convenience
sampling. Pengumpulan data telah dilakukan pada 1.220 penggemar K-pop. Sebagian besar
responden berasal dari Jakarta dan Bandung yang berjenis kelamin perempuan dan berusia
16 sampai 21 tahun. Kuesioner penelitian berisi pernyataan mengenai bauran pemasaran
berdasarkan faktor Push-Pull. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden
memiliki motivasi tinggi terkait motivasi internal dan eksternal pada dimensi bauran
pemasaran yaitu people, price, physical evidence, dan promotion untuk motivasi internal dan
physical evidence, people, product, price, process, dan promotion untuk motivasi eksternal.
Usulan strategi pemasaran untuk Flaneur Tour, yaitu memiliki paket wisata dan fitur
tambahan, menawarkan diskon, harga yang bervariasi, menjual melalui online, mengelola
konten yang menarik, bekerjasama dengan influencer, promosi melalui iklan, membagi
pembayaran menjadi dua kali, memberikan update status reservasi, evaluasi, serta
menampilkan aktivitas dan testimoni di media sosial. Selain itu, menyewa pemandu wisata
yang menyukai K-pop juga merupakan strategi Flaneur Tour.