digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan K-pop yang semakin pesat dan penggemar K-pop sekarang tersebar di seluruh dunia. Hal ini dapat menimbulkan perasaan ingin melakukan aktivitas yang berkaitan dengan K-pop pada penggemarnya, seperti bertemu idola favorit, mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan K-pop, dan menghadiri konser. Hal ini membuka peluang untuk mengembangkan perusahaan tour khususnya untuk penggemar K-pop. Flaneur Tour adalah penyedia jasa tour yang menawarkan layanan tour bagi para penggemar K-pop untuk melakukan kegiatan penggemar K-pop. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang tepat untuk menjalankan Flaneur Tour. Analisis internal dan eksternal perusahaan digunakan dalam penelitian ini. Segmenting, Targeting, and Positioning (STP) dan analisis bauran pemasaran 7Ps digunakan untuk melengkapi analisis internal. Selain itu, analisis eksternal dilakukan menggunakan Porter's Five Forces dan analisis motivasi pariwisata yang termasuk faktor Push-Pull dan analisis hierarki kebutuhan Maslow. Pendorong utama perilaku wisatawan adalah motivasi wisata, karena hal ini berpengaruh pada keputusan pembelian. Oleh karena itu, strategi yang diusulkan dihasilkan melalui bauran pemasaran 7Ps berdasarkan faktor Push-Pull yang melihat motivasi internal dan eksternal penggemar K-pop. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dan teknik convenience sampling. Pengumpulan data telah dilakukan pada 1.220 penggemar K-pop. Sebagian besar responden berasal dari Jakarta dan Bandung yang berjenis kelamin perempuan dan berusia 16 sampai 21 tahun. Kuesioner penelitian berisi pernyataan mengenai bauran pemasaran berdasarkan faktor Push-Pull. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki motivasi tinggi terkait motivasi internal dan eksternal pada dimensi bauran pemasaran yaitu people, price, physical evidence, dan promotion untuk motivasi internal dan physical evidence, people, product, price, process, dan promotion untuk motivasi eksternal. Usulan strategi pemasaran untuk Flaneur Tour, yaitu memiliki paket wisata dan fitur tambahan, menawarkan diskon, harga yang bervariasi, menjual melalui online, mengelola konten yang menarik, bekerjasama dengan influencer, promosi melalui iklan, membagi pembayaran menjadi dua kali, memberikan update status reservasi, evaluasi, serta menampilkan aktivitas dan testimoni di media sosial. Selain itu, menyewa pemandu wisata yang menyukai K-pop juga merupakan strategi Flaneur Tour.