PT Pupuk Indonesia (Persero) merupakan Holding BUMN yang bergerak disektor
pupuk. Pada awalnya PT Pupuk Indonesia memiliki peran sebagai Strategic Holding dan
telah berubah menjadi Activist Holding pada agustus 2020. PT Pupuk Indonesia (Persero)
terus melakukan serangkaian inisiatif strategis seperti sentralisasi, transformasi bisnis,
dekarbonasi dan upaya mewujudkan keberlanjutan. Sebelum fungsi sentralisasi, PT
Pupuk Indonesia Group memiliki lebih dari 100 merek produk, yang menyebabkan
kondisi pasar negatif di lokasi pemasaran yang sama. Volume penjualan PT Pupuk
Indonesia yang sempat menurun di tahun 2019, meningkat di tahun 2020, kemudian
menurun lagi di tahun 2021. Dalam rangka meningkatkan penjualan produk PT Pupuk
Indonesia di pasar yang lebih besar, PT Pupuk Indonesia membutuhkan usulan rencana
pemasaran baru yang tepat. daerah di tahun mendatang.
Perusahaan harus mengetahui kondisi baik bisnis dari segi internal maupun eksternal
untuk melakukan analisis perusahaan. Analisis eksternal menggunakan PESTEL, Porter
5 Forces dan Competitor Analysis. Sedangkan analisis Internal menggunakan SWOT
Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), VRIO, Diamond Model dan Analisis
Marketing Mix yang kemudian dikembangkan dengan matrix TOWS dan Business
Model Canvas.
Kesimpulan dari Analisa tersebut adalah PT Pupuk Indonesua (Persero) harus fokus pada
keunggulan yang dimiliki. Kemudian, PT Pupuk Indonesia (Persero) juga harus
meningkatkan strategi pemasaran dari hulu ke hilir. Lebih tepatnya untuk produk Urea
Nitrea.
Perpustakaan Digital ITB