digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Mirza Rezia Litsbarki
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Mirza Rezia Litsbarki
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Mirza Rezia Litsbarki
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Mirza Rezia Litsbarki
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Mirza Rezia Litsbarki
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PT Pupuk Indonesia (Persero) merupakan Holding BUMN yang bergerak disektor pupuk. Pada awalnya PT Pupuk Indonesia memiliki peran sebagai Strategic Holding dan telah berubah menjadi Activist Holding pada agustus 2020. PT Pupuk Indonesia (Persero) terus melakukan serangkaian inisiatif strategis seperti sentralisasi, transformasi bisnis, dekarbonasi dan upaya mewujudkan keberlanjutan. Sebelum fungsi sentralisasi, PT Pupuk Indonesia Group memiliki lebih dari 100 merek produk, yang menyebabkan kondisi pasar negatif di lokasi pemasaran yang sama. Volume penjualan PT Pupuk Indonesia yang sempat menurun di tahun 2019, meningkat di tahun 2020, kemudian menurun lagi di tahun 2021. Dalam rangka meningkatkan penjualan produk PT Pupuk Indonesia di pasar yang lebih besar, PT Pupuk Indonesia membutuhkan usulan rencana pemasaran baru yang tepat. daerah di tahun mendatang. Perusahaan harus mengetahui kondisi baik bisnis dari segi internal maupun eksternal untuk melakukan analisis perusahaan. Analisis eksternal menggunakan PESTEL, Porter 5 Forces dan Competitor Analysis. Sedangkan analisis Internal menggunakan SWOT Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), VRIO, Diamond Model dan Analisis Marketing Mix yang kemudian dikembangkan dengan matrix TOWS dan Business Model Canvas. Kesimpulan dari Analisa tersebut adalah PT Pupuk Indonesua (Persero) harus fokus pada keunggulan yang dimiliki. Kemudian, PT Pupuk Indonesia (Persero) juga harus meningkatkan strategi pemasaran dari hulu ke hilir. Lebih tepatnya untuk produk Urea Nitrea.