Manami Space adalah ruang kerja bersama yang ditujukan kepada kaum muda dari berbagai latar belakang untuk berkolaborasi dan berbagai gagasan demi meningkatkan tatanan kesatuan kewirausahaan. Ruang kerja bersama yang terletak di Bandung Selatan dan didirikan pada bulan September 2016 percaya bahwa setiap individu memiliki bakat dan gagasan yang hebat. Sebagai ekosistem kerja terbuka, Manami Space menginginkan setiap individu di dalamnya memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk menyatakan ide bisnis dan membuatnya menjadi nyata.
Selama hampir satu tahun bisnis berjalan, jumlah pengunjung yang menggunakan ruang kerja bersama Manami tidak menunjukkan jumlah yang signifikan mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis, serta tidak ada kunjungan kedua dari pelanggan sehingga mengalami kerugian selama beberapa bulan. Persoalannya bisa dilihat dari data yang diambil dari 8 bulan terakhir sejak bulan September 2016 hingga Mei 2017. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kinerja strategi pemasaran dengan juga mengusulkan rekomendasi strategi pemasaran yang efektif dan paling mungkin dilakukan oleh Manami Space.
Dalam melakukan penelitian, sejumlah alat yang digunakan dalam mengumpulkan data, seperti analisis PEST, Porter Five Forces Analysis yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi bisnis di luar kemampuan perusahaan. Analisis STP dan bauran pemasaran digunakan yang bertujuan untuk menganalisis faktor kapabilitas perusahaan.
Hasil penelitian kemudian digabungkan untuk melakukan analisis SWOT, dimana dapat disimpulkan kelemahan Manami Space terletak di kegiatan pemasarannya. Berdasarkan data, segmentasi pelanggan berusia 20-25 tahun lebih banyak datang ke Manami Space untuk menggunakan ruang kerja bersama. Oleh karena itu, Manami Space dapat menyesuaikan strategi pemasarannya sesuai dengan segmentasi tersebut guna meningkatkan jumlah pengunjung.
Implementasi strategi pemasaran yang diajukan oleh peneliti lebih menekankan pada penciptaan konten media sosial dengan tema geek, bekerja sama dengan pelaku industri kreatif, memberikan promosi retention promo, couple promo, national holiday promo, blogger dan Line@ buzzer sebagai public relation, tenant sebagai personal selling, serta menjadi sponsor di product bidding event.
Perpustakaan Digital ITB