Bandung adalah ibukota dari Jawa Barat. Kota ini dikenal dengan nama Paris van java
(bahasa Belanda) atau 'Paris of Jawa'. Karena letaknya di dataran tinggi, Bandung dikenal
sebagai kota yang sejuk, yang menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan wisata.
Keindahan Bandung membuat Bandung sebagai tempat mereka menghabiskan waktu
berlibur. Seringkali akomodasi yang meningkat seiring dengan bertambahnya wisatawan
yang datang ke Bandung. Dengan demikian kesempatan untuk menciptakan usaha dalam
layanan akomodasi perhotelan seperti hotel dan wisma meningkat.
Melihat peluang bisnis di sektor akomodasi dengan lokasi strategis yang dimiliki maka
terbentuklah PUTRI GEULIS GUESTHOUSE. Terletak di lokasi strategis yang dekat dengan
Business Center, Mall, Restaurant, Café, Factory Outlet, Pusat Rekreasi & Hiburan, dan
Wedding Hall. Target pasar bisnis ini adalah Family, Group Traveller, Backpacker, dan untuk
Wedding Hall.
Dalam penelitian ini perusahaan menghadapi masalah, ketidakstabilan dan pertumbuhan
pelanggan yang lambat dari PUTRI GEULIS GUESTHOUSE sejak dibuka hingga saat ini.
Oleh karena itu, peneliti ingin fokus pada penerapan strategi pemasaran tersebut yang harus
dikembangkan dari strategi pemasaran yang telah diimplementasikan oleh PUTRI GEULIS
GUESTHOUSE.
Beberapa rekomendasi strategi pemasaran ditujukan untuk menjawab kondisi ini dengan
melakukan wawancara dan survei langsung kepada tamu dan melakukan analisis internal
seperti STP, Marketing Mix, Brand Analysis, External Analysis.
Strategi yang diusulkan didasarkan pada menemukan akar permasalahan yang dihadapi oleh
PUTRI GEULIS GUESTHOUSE. Dan ada beberapa alternatif seperti menggunakan matriks
TOWS, perbaikan STP yang diusulkan, strategi bauran pemasaran yang diusulkan, perbaikan
dalam hal analisis kualitas layanan. Meningkatnya Kesadaran Merek harus dilakukan dalam
upaya meningkatkan jumlah penjualan ruangan.
Perpustakaan Digital ITB