digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bandung adalah ibukota dari Jawa Barat. Kota ini dikenal dengan nama Paris van java (bahasa Belanda) atau 'Paris of Jawa'. Karena letaknya di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai kota yang sejuk, yang menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan wisata. Keindahan Bandung membuat Bandung sebagai tempat mereka menghabiskan waktu berlibur. Seringkali akomodasi yang meningkat seiring dengan bertambahnya wisatawan yang datang ke Bandung. Dengan demikian kesempatan untuk menciptakan usaha dalam layanan akomodasi perhotelan seperti hotel dan wisma meningkat. Melihat peluang bisnis di sektor akomodasi dengan lokasi strategis yang dimiliki maka terbentuklah PUTRI GEULIS GUESTHOUSE. Terletak di lokasi strategis yang dekat dengan Business Center, Mall, Restaurant, Café, Factory Outlet, Pusat Rekreasi & Hiburan, dan Wedding Hall. Target pasar bisnis ini adalah Family, Group Traveller, Backpacker, dan untuk Wedding Hall. Dalam penelitian ini perusahaan menghadapi masalah, ketidakstabilan dan pertumbuhan pelanggan yang lambat dari PUTRI GEULIS GUESTHOUSE sejak dibuka hingga saat ini. Oleh karena itu, peneliti ingin fokus pada penerapan strategi pemasaran tersebut yang harus dikembangkan dari strategi pemasaran yang telah diimplementasikan oleh PUTRI GEULIS GUESTHOUSE. Beberapa rekomendasi strategi pemasaran ditujukan untuk menjawab kondisi ini dengan melakukan wawancara dan survei langsung kepada tamu dan melakukan analisis internal seperti STP, Marketing Mix, Brand Analysis, External Analysis. Strategi yang diusulkan didasarkan pada menemukan akar permasalahan yang dihadapi oleh PUTRI GEULIS GUESTHOUSE. Dan ada beberapa alternatif seperti menggunakan matriks TOWS, perbaikan STP yang diusulkan, strategi bauran pemasaran yang diusulkan, perbaikan dalam hal analisis kualitas layanan. Meningkatnya Kesadaran Merek harus dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah penjualan ruangan.