digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia terkenal dengan produk kerajinan tangan yang digunakan dalam kehidupan seharihari. Seni kerajinan tangan adalah salah satu sektor yang menjadi karakteristik Indonesia dan sangat dekat dengan industri pariwisata. Bisnis kado dan kerajinan tangan potensialnya perlu untuk lebih di gali. Kado dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Pesta ulang tahun, pernikahan, tujuh bulanan, dan kelulusan adalah waktu-waktu dimana hadiah personal digunakan sebagai cinderamata dan menjadi barang dengan mempunyai nilai kenangan. Trineko corner adalah bisnis yang bertempat di jl.Sangkuriang Bandung. Dibangun pada tahun 2011, trineko menjual produk personal dan custom yang biasa digunakan untuk cinderamata, hadiah dan dekorasi rumah. Bahan yang digunakan adalah bahan katun yang dikombinasikan dengan tekhnik applique. Di tahun 2014 trineko mengalami kebuntuan dalam bisnisnya. Tingkat penjualan tidak bergerak naik karena kurangnya tenaga kerja dan promosi. Setelah vakum delama 3 tahun, trineko berusaha membangun dan mengembangkan bisnisnya kembali dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Metodologi yang digunakan untuk menemukan akar permasalahannya menggunakan analisis internal dan eksternal seperti sumber daya, kemampuan, kompetensi dasar, analisis STP,analisis Lima kekuatan Porter dan SWOT. Objektif dari tugas akhir ini adalah untuk menemukan solusi pada masalah yang dihadapi oleh trineko dan menemukan strategi yang paling baik dan sesuai untuk diaplikasikan pada bisnis. Untuk menemukan strategi tersebut, trineko harus melakukan studi kasus dengan melakukan wawancara terhadap bisnis acuan dan melakukan analisis TOWS untuk merancang strategi yang terbaik. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa trineko dapat mengatasi masalahnya dengan melatih pekerjanya untuk menjadi tenaga ahli, menggunakan vendor untuk mengurangi beban kerja, dan untuk membentuk perencanaan pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan kesadaran merek dengan menggunakan TOWS dan marketing mix. Hasil yang didapat dari pengembangan marketing strategy adalah, trineko tetap bertahan di pasar yang sama, dan menjual lebih banyak dan lebih banyak variasi produk. Rencana pemasaran kemudian di rancang untuk membuat jadwal promo secara teratur dan konsisten pada kandungan dari Instagram dan media berjualan lainnya.