PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik
Negara yang bergerak pada bidang transportasi khususnya kereta api di Indonesia.
Pada tahun 2020, terjadi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan penjualan tiket
kereta api khususnya pada rute Bandung – Yogyakarta, dan rute sebaliknya
menurun secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa
saja yang dapat mempengaruhi intention to use pelanggan terhadap penggunaan
kereta api sebagai transportasi mereka, dan strategi pemasaran yang harus
diimplementasikan untuk meningkatkan intention to use pelanggan terhadap kereta
api rute Bandung – Yogyakarta dan sebaliknya yang akan mempengaruhi kenaikan
penjualan tiket kereta api pada saat pandemi Covid-19.
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor eksternal dan faktor internal
serta menggunakan data primer dan sekunder. Analisis faktor eksternal terdiri dari
PESTLE Analysis, Porter’s Five Forces Analysis, dan customer analysis.
Sedangkan, analisis faktor internal terdiri dari STP Analysis (Segmenting,
Targeting, Positioning), 7P’s Marketing Mix Analysis, dan VRIO Analysis
(Valuable, Rare, Inimitable, Organized). Data primer yang digunakan pada
penelitian ini terdapat pada customer analysis dengan menggunakan kuesioner,
preliminary interview untuk business issue, dan internal interview untuk
mengetahui keadaan internal KAI. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari
customer analysis yang memiliki empat variabel yaitu price, performance,
comfortability, dan safety, dan variabel yang berpengaruh secara signifikan untuk
intention to use adalah variabel performance, comfortability, dan safety.
Hasil analisis faktor internal dan eksternal KAI dikembangkan menggunakan
SWOT Analysis untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman
untuk KAI, dan menggunakan Root Cause Analysis. Selanjutnya dilakukan analisis
TOWS Matrix untuk menyusun strategi. Strategi yang difokuskan untuk
diimplementasikan oleh KAI adalah mengembangkan kecerdasan buatan dalam
aspek keamanan untuk menjadi aset KAI, membuat event kereta api dengan tema
atau konsep yang sedang viral atau digemari masyarakat, berkolaborasi atau
endrorse travel influencer, dan KAI mengembangkan fitur dari KAI Access.
Perpustakaan Digital ITB