2022_TS_PP_Muhammad Arif Hendro Priyono_1-Absatrak.pdf?
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Nasi Goreng Bistik Pak Gigih adalah brand bisnis kuliner yang menjual makanan khas China,
khususnya nasi goreng, Pada periode July 2021 sampai March 2022 Nasi Goreng Bistik Pak Gigih
mengalami penurunan penjualan yang signifikan, fenomena ini menimbulkan pertanyaan untuk
pemilik bisnis apakah hal ini disebabkan oleh ketidakpuasan konsumen terhadap produk yang
ditawarkan oleh Nasi Goreng Bistik Pak Gigih atau karena konsumen mengalami kejenuhan produk,
mengingat sejak awal Nasi Goreng Bistik Pak Gigih tidak melakukan pengembangan menu. Untuk
mengetahui penyebab turunnya penjualan Nasi Goreng Bistik Pak Gigih, peneliti melakukan pra
survei guna mengetahui mengetahui tingkat kepuasan dan persepsi konsumen mengenai
pengalaman melakukan pembelian di Nasi Goreng Bistik Pak Gigih. Kuesioner pra- survei
melibatkan 15 responden konsumen Nasi Goreng Bistik Pak Gigih Hasil pra-survei menyatakan
bahwa penilaian konsumen mengenai variasi menu yang ditawarkan oleh Nasi Goreng Bistik Pak
Gigih, hanya 13% responden yang merasa bahwa Nasi Goreng Bistik Pak Gigih variatif, Kurangnya
variasi produk yang ditawarkan membuat tingkat pembelian ulang menjadi rendah. Maka dari itu
Nasi Goreng Bistik Pak Gigih perlu mengambil tindakan untuk meningkatkan kembali penjualan
mereka.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui respon konsumen Nasi Goreng Bistik Pak Gigih
terhadap produk yang ditawarkan saat ini, sehingga dapat merancang pengembangan produk
kedepannya sesuai dengan preferensi kebutuhan konsumen berdasarkan konsep design thinking.
Peneliti akan mengusulkan strategi bauran pemasaran 7P yang baru bagi perusahaan agar
pengembangan produk yang telah dilakukan dapat menghasilkan dampak yang maksimal.
Penelitian ini merupakan menggunakan metode kualitatif melalui serangkaian wawancara dengan
persona yang telah ditentukan dan analisis data sekunder menggunakan dokumen data internal
perusahaan.
Berdasarkan konsep Design Thinking yang telah dilakukan solusi yang terpilih adalah Alternatif ke2
yang merupakan produk inovasi chinese food yang mudah disantap dan porsinya cocok untuk 1 orang.
Sementara itu, untuk untuk menghasilkan dampak yang lebih maksimal, peneliti
mengusulkan bauran pemasaran 7P untuk lebih memaksimalkan media sosial sebagai media untuk
mempromosikan produk baru yang dimiliki serta menarik konsumen untuk mengunjungi langsung
toko Nasi Goreng Bistik Pak Gigih.
Perpustakaan Digital ITB