digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Platform Ecobiz.id merupakan platform sharing economy yang lahir karena adanya permasalahan yang terjadi pada para petani yang melakukan kerja sama dengan para tengkulak untuk melakukan jual beli produk yang dihasilkan. Para tengkulak ini kemudian membeli hasil pertanian mereka sebelum waktu panen dan dengan harga yang sangat rendah. Minimnya pengetahuan petani tentang harga pasaran produk pertanian mereka dimanfaatkan para tengkulak untuk memainkan harga. Hal ini dinilai tidak mensejahterakan para petani karena keuntungan besar hanya didapatkan oleh para tengkulak. Sementara para petani tetap dengan keadaan yang sulit dalam melaksanakan proses pertanian mereka. Ecobiz.id memuat berbagai informasi mengenai bisnis dari mulai update harga produk, sharing economy, dan jual beli produk. Platform Ecobiz.id hadir dengan tujuan mempermudah proses pertukaran ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dalam menciptakan sebuah inovasi baru dan co-creation yang terjadi antara petani yang terpinggirkan dan jalur pasok. Platform Ecobiz.id hingga saat ini masih dalam perkembangan. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini platform Ecobiz.id masih memiliki permasalahan pada network effect dan interactivity yang masih negative. Selain itu value yang dirasakan oleh user masih tidak maksimal. Kurangnya konten yang ada membuat user menjadi pasif dalam menggunakan platform. Konten yang terbatas ini disebabkan oleh kurangnya stakeholder yang ada di dalam platform yang berperan dalam membuat dan memberikan konten yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan user. Sehingga hal ini membuat ekosistem platform menjadi tidak baik. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana cara memotivasi stakeholder khususnya content creator agar menjadi narasumber aktif pada platform Ecobiz.id. Kemudian narasumber ini akan dijadikan sebagai creator yang membuat konten-konten yang memiliki value sesuai dengan kebutuhan dari user Ecobiz.id. Dan mengemas konten tersebut agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh semua user dari Ecobiz.id. Tujuan dari penelitian ini adalah tentang bagaimana cara untuk memotivasi dan menarik minat stakeholder khususnya calon narasumber agar menjadi narasumber aktif pada platform digital Ecobiz.id. Para narasumber ini yang nantinya akan berperan dalam pembuatan dan pengemasan konten-konten pada Ecobiz.id. Kemudian diharapkan bahwa dari pembuatan konten-konten ini bisa memenuhi ekspektasi dari kebutuhan users Ecobiz.id. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder dan primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform Ecobiz.id harus melakukan peningkatan pada konten yang dimuat. Pengemasan konten kurang baik, variasi isi konten yang terbatas, dan pendekatan sisi kreatif dan inovatif yang kurang membuat user belum merasakan value yang diharapkan dari konten tersebut. Peningkatan dari segi interactivity menggunakan analisis teori tradisi media baru dengan pendekatan user to user, user to document, dan user to system. Selain itu untuk network effect menggunakan analysis model platform dua arah dengan pendekatan competition oriented dan cooperation oriented. Sedangkan untuk konten menggunakan unsur konten marketing berkualitas yang di dalam nya terdapat relevansi, informative, reliability, value, uniqueness, emotions, and intelligence. Kemudian solusi perbaikan lainnya dilakukan dengan cara membuat value proposition canvas.