Griya Cokelat Nglanggeran berdiri pada tanggal 2 Desember 2016 sebagai kuliner lokal Desa
Nglanggeran. Sayangnya, akibat situasi pandemi di Indonesia, Griya Cokelat Nglanggeran
memiliki kendala besar dalam melakukan penjualan secara daring. Masih banyak pihak yang
belum mengetahui produk-produk Griya Cokelat Nglanggeran karena target pasarnya yang
terbatas, yakni hanya bergantung pada kunjungan wisatawan. Minimnya kegiatan pemasaran,
kualitas sumber daya manusia yang masih terbatas, dan rendahnya dana pemasaran menjadi
kendala yang menyebabkan Griya Cokelat Nglanggeran sulit untuk memperluas target
pasarnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat agar mampu
meningkatkan penjualan online produk Griya Cokelat Nglanggeran. Analisis internal dan
eksternal dilakukan untuk mengetahui kondisi bisnis yang ada di Griya Cokelat Nglanggeran.
Analisis internal akan dilakukan dengan cara mengidentifikasi bauran pemasaran 7P, STP, dan
analisis VRIO. Kemudian untuk analisis eksternal akan dilakukan dengan mengidentifikasi
PEST, Lima Kekuatan Porter, analisis competitor, dan analisis konsumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan promosi secara daring yang belum optimal menyebabkan Griya
Cokelat Nglanggeran terkendala dalam bersaing di pasar yang lebih luas. Akibatanya, penjualan
produk menjadi tidak optimal.
Kemudian analisis SWOT menjadi metode yang dilakukan untuk tahap selanjutnya. Tahap
lebih lanjut, analisis TOWS Matrix digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang
sesuai dengan kondisi Griya Cokelat Nglanggeran. Strategi yang direkomendasikan dibagi
menjadi empat kelompok dengan tujuan utama meningkatkan aktivitas pemasaran online
sehingga penjualan online juga meningkat. Strategi pertama adalah tentang peningkatan
kualitas sumber daya manusia untuk mengoptimalkan kegiatan promosi online. Kedua,
meningkatkan aktivitas promosi online dengan membuat konten yang lebih menarik dan
interaktif. Bersamaan dengan itu, membuat penawaran produk khusus dan menjaga kualitas
produk juga menjadi strategi untuk meningkatkan daya tarik Griya Cokelat Nglanggeran di
mata konsumen.
Perpustakaan Digital ITB