digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Griya Cokelat Nglanggeran berdiri pada tanggal 2 Desember 2016 sebagai kuliner lokal Desa Nglanggeran. Sayangnya, akibat situasi pandemi di Indonesia, Griya Cokelat Nglanggeran memiliki kendala besar dalam melakukan penjualan secara daring. Masih banyak pihak yang belum mengetahui produk-produk Griya Cokelat Nglanggeran karena target pasarnya yang terbatas, yakni hanya bergantung pada kunjungan wisatawan. Minimnya kegiatan pemasaran, kualitas sumber daya manusia yang masih terbatas, dan rendahnya dana pemasaran menjadi kendala yang menyebabkan Griya Cokelat Nglanggeran sulit untuk memperluas target pasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat agar mampu meningkatkan penjualan online produk Griya Cokelat Nglanggeran. Analisis internal dan eksternal dilakukan untuk mengetahui kondisi bisnis yang ada di Griya Cokelat Nglanggeran. Analisis internal akan dilakukan dengan cara mengidentifikasi bauran pemasaran 7P, STP, dan analisis VRIO. Kemudian untuk analisis eksternal akan dilakukan dengan mengidentifikasi PEST, Lima Kekuatan Porter, analisis competitor, dan analisis konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi secara daring yang belum optimal menyebabkan Griya Cokelat Nglanggeran terkendala dalam bersaing di pasar yang lebih luas. Akibatanya, penjualan produk menjadi tidak optimal. Kemudian analisis SWOT menjadi metode yang dilakukan untuk tahap selanjutnya. Tahap lebih lanjut, analisis TOWS Matrix digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi Griya Cokelat Nglanggeran. Strategi yang direkomendasikan dibagi menjadi empat kelompok dengan tujuan utama meningkatkan aktivitas pemasaran online sehingga penjualan online juga meningkat. Strategi pertama adalah tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mengoptimalkan kegiatan promosi online. Kedua, meningkatkan aktivitas promosi online dengan membuat konten yang lebih menarik dan interaktif. Bersamaan dengan itu, membuat penawaran produk khusus dan menjaga kualitas produk juga menjadi strategi untuk meningkatkan daya tarik Griya Cokelat Nglanggeran di mata konsumen.