FARA pertama kali tampil ke publik pada 22 Maret 2021, di situs media sosial Instagram, dengan
menghadirkan tema ceria, elegan, dan sederhana di seluruh feed postingan Instagram FARA. Selama
enam bulan pertama, fokus utama FARA adalah branding, dengan branding FARA berfungsi untuk
memberikan nilai merek kepada pelanggan. Nilai tersebut didasarkan pada pendidikan orang tua,
pendidikan hewan dan tumbuhan, serta kualitas sepatu dan sandal itu sendiri.
Metodology quantitatif dilakukan dalam penelitian ini. Untuk mengetahui keadaan perusahaan FARA,
dilakukan analisis VRIO dan Marketing Mix (7p) untuk internal perusahaan, lalu The PEST dan
Competitor Analysis untuk eksternal Perusahaan. Tujuan mengeksplorasi keadaan FARA menjadi
masalah utama di penelitian ini, yaitu untuk mengetahui factor yang mempengaruhi konsumen dalam
untuk keputusan pembelian produk alas kaku dan apakah FARA perlu mengembangkan inovasi dalam
proses keberlanjutannya.
Ada 3 langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini, yang pertama adalah menyebarkan
kuisoner pertama yang bersifat umum kepada 100 responden dengan menggunakan metode exploratory
kuisoner dengan 30 pertanyaan , kuisoner dibuat dari 3 variabel penelitian ini yaitu value propotition,
marketing mix, purchase intention. Langkah kedua adalah menyebarkan kuisoner tahap dua yang
bersifat mengkerucut kepada 100 responden dengan menggunakan metode explanatory kuisoner dengan
28 pertanyaan. Selanjutnya Langkah ketiga adalah mengelola kuisoner dengan menggunakan SPSS ver
22 untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan pengujian regresi berganda. Langkah terakhir adalah
mengusulkan Value propotition, Intergrated Marketing Communication, Sustainability Concept.
Hasil pengujian hipotesis antara variabel bebas yaitu proposisi nilai dan bauran pemasaran, dengan
variabel terikat yaitu niat beli memiliki pengaruh. Dalam menyampaikan pesan nilai dari FARA, dan
target sesuai dengan geografis dan demografis yang telah ditentukan. FARA melakukan kampanye
berdasarkan triple bottom line. Ada tiga poin yang sangat penting untuk dapat mendukung nilai-nilai
yang ingin dicapai FARA, mulai dari faktor planet hingga masyarakat.
Perpustakaan Digital ITB