digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

FARA pertama kali tampil ke publik pada 22 Maret 2021, di situs media sosial Instagram, dengan menghadirkan tema ceria, elegan, dan sederhana di seluruh feed postingan Instagram FARA. Selama enam bulan pertama, fokus utama FARA adalah branding, dengan branding FARA berfungsi untuk memberikan nilai merek kepada pelanggan. Nilai tersebut didasarkan pada pendidikan orang tua, pendidikan hewan dan tumbuhan, serta kualitas sepatu dan sandal itu sendiri. Metodology quantitatif dilakukan dalam penelitian ini. Untuk mengetahui keadaan perusahaan FARA, dilakukan analisis VRIO dan Marketing Mix (7p) untuk internal perusahaan, lalu The PEST dan Competitor Analysis untuk eksternal Perusahaan. Tujuan mengeksplorasi keadaan FARA menjadi masalah utama di penelitian ini, yaitu untuk mengetahui factor yang mempengaruhi konsumen dalam untuk keputusan pembelian produk alas kaku dan apakah FARA perlu mengembangkan inovasi dalam proses keberlanjutannya. Ada 3 langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini, yang pertama adalah menyebarkan kuisoner pertama yang bersifat umum kepada 100 responden dengan menggunakan metode exploratory kuisoner dengan 30 pertanyaan , kuisoner dibuat dari 3 variabel penelitian ini yaitu value propotition, marketing mix, purchase intention. Langkah kedua adalah menyebarkan kuisoner tahap dua yang bersifat mengkerucut kepada 100 responden dengan menggunakan metode explanatory kuisoner dengan 28 pertanyaan. Selanjutnya Langkah ketiga adalah mengelola kuisoner dengan menggunakan SPSS ver 22 untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan pengujian regresi berganda. Langkah terakhir adalah mengusulkan Value propotition, Intergrated Marketing Communication, Sustainability Concept. Hasil pengujian hipotesis antara variabel bebas yaitu proposisi nilai dan bauran pemasaran, dengan variabel terikat yaitu niat beli memiliki pengaruh. Dalam menyampaikan pesan nilai dari FARA, dan target sesuai dengan geografis dan demografis yang telah ditentukan. FARA melakukan kampanye berdasarkan triple bottom line. Ada tiga poin yang sangat penting untuk dapat mendukung nilai-nilai yang ingin dicapai FARA, mulai dari faktor planet hingga masyarakat.