digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri pakaian merupakan industri yang sangat penting dikarenakan industri pakaian merupakan salah satu penyumbang GDP terbanyak bagi Indonesia. Selain itu industri pakaian juga semakin berkembang setiap waktu dan selalu memiliki tren baru. Untuk tetap memiliki eksistensi maka perlu untuk melakukan strategi bisnis baru yang dapat diterima pasar. Sebagai pelaku usaha di industri pakaian, Pola Lampau masih kekurangan variasi produk dan belum melakukan pengembangan produk. Untuk meningkatkan performa bisnis dan dapat bersaing di pasar, Pola Lampau ingin melakukan pembaruan di bisnis strategi. Penelitian ini akan membahas strategi bisnis yang relevan untuk Pola Lampau yang bergerak di industri pakaian, untuk bisa bersaing pada industri fashion. Penelitian ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk mempertahankan persaingan dengan kompetitor dengan terlebih dahulu menganalisis kondisi eksisting perusahaan secara internal dan eksternal. Analisis internal menggunakan beberapa metode yang mengacu pada beberapa studi literatur seperti, Value Proposition Canvas, VRIO Analysis, Business Model Canvas & 7P Analysis, Market Analysis, Porter’s Five Force Model & Competitor Analysis. Keseluruhan analisis Internal dan Eksternal diolah melalui diagram SWOT untuk dipetakan dimana posisi perusahaan berada. Dengan melakukan wawancara dapat diketahui bahwa perusahaan harus melakukan pembaruan di bisnis strategi. Hasil akhir dari analisis yang dilakukan menunjukkan usulan strategi bisnis untuk perusahaan dengan menggunakan Ansoff Matrix sebagai metode perumusan. Usulan strategi tersebut dikategorikan sebagai Product Development & Diversification Strategy. Kedua strategi ini diselaraskan dengan rencana aksi dan dibuat jadwal pelaksanaan.