Industri pakaian merupakan industri yang sangat penting dikarenakan industri pakaian merupakan
salah satu penyumbang GDP terbanyak bagi Indonesia. Selain itu industri pakaian juga semakin
berkembang setiap waktu dan selalu memiliki tren baru. Untuk tetap memiliki eksistensi maka
perlu untuk melakukan strategi bisnis baru yang dapat diterima pasar. Sebagai pelaku usaha di
industri pakaian, Pola Lampau masih kekurangan variasi produk dan belum melakukan
pengembangan produk. Untuk meningkatkan performa bisnis dan dapat bersaing di pasar, Pola
Lampau ingin melakukan pembaruan di bisnis strategi.
Penelitian ini akan membahas strategi bisnis yang relevan untuk Pola Lampau yang bergerak di
industri pakaian, untuk bisa bersaing pada industri fashion. Penelitian ini menjadi dasar bagi
perusahaan untuk mempertahankan persaingan dengan kompetitor dengan terlebih dahulu
menganalisis kondisi eksisting perusahaan secara internal dan eksternal. Analisis internal
menggunakan beberapa metode yang mengacu pada beberapa studi literatur seperti, Value
Proposition Canvas, VRIO Analysis, Business Model Canvas & 7P Analysis, Market Analysis,
Porter’s Five Force Model & Competitor Analysis. Keseluruhan analisis Internal dan Eksternal
diolah melalui diagram SWOT untuk dipetakan dimana posisi perusahaan berada. Dengan
melakukan wawancara dapat diketahui bahwa perusahaan harus melakukan pembaruan di bisnis
strategi.
Hasil akhir dari analisis yang dilakukan menunjukkan usulan strategi bisnis untuk perusahaan
dengan menggunakan Ansoff Matrix sebagai metode perumusan. Usulan strategi tersebut
dikategorikan sebagai Product Development & Diversification Strategy. Kedua strategi ini
diselaraskan dengan rencana aksi dan dibuat jadwal pelaksanaan.
Perpustakaan Digital ITB