digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi dan informasi mendorong para wanita untuk peduli dengan kesehatan tubuh terutama rambut. Dengan semakin tinggi nya kebutuhan haircare yang di butuhkan banyak orang, industri ini merambak naik dari tahun ke tahun. Sehinggan menjadi potensi yang sangat bagus untuk ikut andil dalam perkembangan sektor bisnis ini. Creambathku merupakan brand lokal produsen hair care yaitu creambath. Creambathku memproduksi creambath dengan kuliatas yang baik namun dengan harga yang wajar. Dalam 6 bulan terakhir terjadi penurunan angka penjualan. Salah satu masalah yang dihadapi adalah masih banyak orang yang belum mengetahui produk Creambathku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kodisi lingkungan eksternal dan internal serta mengusulkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan brand awareness Creambathku. Analisa lingkungan eksternal menggunakan PEST, analisis pesaing dan dan analisis konsumen. Hasil dari analisa eksternal ditemukan beberapa peluang dan ancaman dari luar lingkungan perusahaan. Analisis konsumen merupakan bagian dari analisis lingkungan luar perusahaan yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen. setelah menarik kesimpulan dari hasil penyebaran kuisioner dilanjutkan dengan melakukan analisis internal yang dilakukan dengan menggunakan analisa VRIO dan STP. Hasil dari analisis lingkungan internal di temukan beberapa kekuatan dan kelemahan yang bersal dari dalam perusahaan. Analisis SWOT di lakukan dengan menggabungkan hasil analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Analisis SWOT kemudian akan dirumuskan menjadi matriks TOWS untuk menemukan alternatif strategi pemasaran digital yang dapat di terapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awareness.