2022_TS_PP_Fransisca Andhika Dwi Vitorini_1-Abstrakcs.pdf?
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Internet sudah menjadi kebutuhan utama saat ini, maka akses internet adalah hal
yang sangat penting. PT Telkom Indonesia membangun lini bisnis yang dapat
merealisasikan hal tersebut yaitu Wifi.id Corner pada tahun 2017. Diiringi oleh
visi dan misi pemerintahan Presiden Ir H Joko Widodo dalam memeratakan
infrastruktur pembangunan untuk masyarakat dalam kemudahan mengakses
internet. Dengan merealisasikannya, saat ini Wifi.Corner sudah tersebar sebanyak
1000 titik di Indonesia termasuk 38 titik di Kota Bandung. Selain memberikan
kemudahan dalam mengakses internet, Wifi.id Corner juga memberikan harga
voucher yang terjangkau. Inovasi yang sudah dilakukan, tetapi pada nyatanya
voucher yang terjual dari tahun 2017 sampai 2021 mengalami penurunan. Hal
tersebut dapat terjadi karena adanya dampak dari competitor secara langsung dan
tidak langsung. Analisi lingkungan eksternal dilakukan menggunakan PESTEL,
Porter’s Five Forces, Consumer Analysis, dan Competitor Analysis. Analisis
konsumen dilakukan dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 156 responden.
Hasil analisis tersebut diolah dengan menggunakan software SmartPLS dengan
metode SEM-PLS untuk mengukur adanya korelasi antar variable yang digunakan
dalam penelitian ini yang selanjutnya akan menjadi bahan analisis dari SWOT.
Analisis internal dilakukan menggunakan Segmenting, Targeting, and Positioning
(STP), dan Marketing Mix 7P’s. Analisis SWOT dilakukan dengan menggabungkan
hasil analisis dari internal dan eksternal perusahaan yang diteliti. Selanjutnya
analisis SWOT tersebut disusun menjadi matrix TOWS yang akan menjadi
alternatiif strategi yang digunakan agar dapat meningkatkan performa dari Wifi.id
Corner.
Perpustakaan Digital ITB