digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Internet sudah menjadi kebutuhan utama saat ini, maka akses internet adalah hal yang sangat penting. PT Telkom Indonesia membangun lini bisnis yang dapat merealisasikan hal tersebut yaitu Wifi.id Corner pada tahun 2017. Diiringi oleh visi dan misi pemerintahan Presiden Ir H Joko Widodo dalam memeratakan infrastruktur pembangunan untuk masyarakat dalam kemudahan mengakses internet. Dengan merealisasikannya, saat ini Wifi.Corner sudah tersebar sebanyak 1000 titik di Indonesia termasuk 38 titik di Kota Bandung. Selain memberikan kemudahan dalam mengakses internet, Wifi.id Corner juga memberikan harga voucher yang terjangkau. Inovasi yang sudah dilakukan, tetapi pada nyatanya voucher yang terjual dari tahun 2017 sampai 2021 mengalami penurunan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya dampak dari competitor secara langsung dan tidak langsung. Analisi lingkungan eksternal dilakukan menggunakan PESTEL, Porter’s Five Forces, Consumer Analysis, dan Competitor Analysis. Analisis konsumen dilakukan dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 156 responden. Hasil analisis tersebut diolah dengan menggunakan software SmartPLS dengan metode SEM-PLS untuk mengukur adanya korelasi antar variable yang digunakan dalam penelitian ini yang selanjutnya akan menjadi bahan analisis dari SWOT. Analisis internal dilakukan menggunakan Segmenting, Targeting, and Positioning (STP), dan Marketing Mix 7P’s. Analisis SWOT dilakukan dengan menggabungkan hasil analisis dari internal dan eksternal perusahaan yang diteliti. Selanjutnya analisis SWOT tersebut disusun menjadi matrix TOWS yang akan menjadi alternatiif strategi yang digunakan agar dapat meningkatkan performa dari Wifi.id Corner.