digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi Covid-19 telah merubah kondisi industri fesyen dan juga perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk. Dimana kompetisi bisnis menjadi lebih ketat terutama pada penjualan online. Perubahan ini dirasakan oleh salah satu merek fesyen lokal wanita bernama Flashy yang mengalami fluktuasi penjualan dan penurunan keterlibatan konsumen dalam media sosial Instagram. Dimana pada periode Desember 2021 – Maret 2022 keterlibatan konsumen dalam social media Flashy mengalami penurunan sebesar -32%. Hal ini menjadi sebuah permasalahan serius bagi Flashy untuk bisa terus bersaing dalam penjualan online. Pemasaran konten sebagai salah satu aspek yang secara langsung mempengaruhi keterlibatan media sosial harus dievaluasi karena dapat mempengaruhi audiens untuk tertarik pada sebuah konten. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menemukan faktor signifikan yang mempengaruhi keterlibatan media sosial; kedua, untuk menemukan akar penyebab masalah penurunan keterlibatan media sosial Flashy; dan ketiga, mengembangkan strategi konten pemasaran yang tepat. Riset ini mencoba mengeksplorasi permasalahan secara komprehensif melalui analisa lingkungan internal dan eksternal. Analisa internal terdiri dari analisis sumber daya, bauran pemasaran, dan STP. Dilanjutkan dengan analisa external yang terdiri dari PEST, porter five forces, analisis pesaing dan pelanggan. Dimana analisis pelanggan dieksplorasi dengan perjalanan online pelanggan menggunakan Netnography dan keterlibatan media sosial menggunakan survei kuantitatif kepada 253 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa konten hiburan dan relasional mempengaruhi secara signifikan. Riset ini juga menemukan tiga akar penyebab masalah pertama, pelanggan lebih tertarik pada jenis konten hiburan dan relasional, dan lebih sering melihat konten video; kedua, kondisi internal Flashy kekurangan pencipta konten dan variasi konten; dan ketiga, pesaing memiliki lebih banyak variasi konten dan mudah memasuki industri. Oleh karena itu, peneliti mengajukan beberapa strategi sebagai solusinya yaitu menambah pencipta konten, serta membuat konten hiburan dan relasional sebagai upaya meningkatkan keterlibatan media sosial akun Instagram Flashy.