Pandemi Covid-19 telah merubah kondisi industri fesyen dan juga perilaku konsumen
dalam membeli sebuah produk. Dimana kompetisi bisnis menjadi lebih ketat terutama
pada penjualan online. Perubahan ini dirasakan oleh salah satu merek fesyen lokal
wanita bernama Flashy yang mengalami fluktuasi penjualan dan penurunan
keterlibatan konsumen dalam media sosial Instagram. Dimana pada periode
Desember 2021 – Maret 2022 keterlibatan konsumen dalam social media Flashy
mengalami penurunan sebesar -32%. Hal ini menjadi sebuah permasalahan serius
bagi Flashy untuk bisa terus bersaing dalam penjualan online. Pemasaran konten
sebagai salah satu aspek yang secara langsung mempengaruhi keterlibatan media
sosial harus dievaluasi karena dapat mempengaruhi audiens untuk tertarik pada
sebuah konten. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk
menemukan faktor signifikan yang mempengaruhi keterlibatan media sosial; kedua,
untuk menemukan akar penyebab masalah penurunan keterlibatan media sosial
Flashy; dan ketiga, mengembangkan strategi konten pemasaran yang tepat.
Riset ini mencoba mengeksplorasi permasalahan secara komprehensif melalui analisa
lingkungan internal dan eksternal. Analisa internal terdiri dari analisis sumber daya,
bauran pemasaran, dan STP. Dilanjutkan dengan analisa external yang terdiri dari
PEST, porter five forces, analisis pesaing dan pelanggan. Dimana analisis pelanggan
dieksplorasi dengan perjalanan online pelanggan menggunakan Netnography dan
keterlibatan media sosial menggunakan survei kuantitatif kepada 253 responden.
Hasilnya menunjukkan bahwa konten hiburan dan relasional mempengaruhi secara
signifikan. Riset ini juga menemukan tiga akar penyebab masalah pertama, pelanggan
lebih tertarik pada jenis konten hiburan dan relasional, dan lebih sering melihat konten
video; kedua, kondisi internal Flashy kekurangan pencipta konten dan variasi konten;
dan ketiga, pesaing memiliki lebih banyak variasi konten dan mudah memasuki
industri. Oleh karena itu, peneliti mengajukan beberapa strategi sebagai solusinya
yaitu menambah pencipta konten, serta membuat konten hiburan dan relasional
sebagai upaya meningkatkan keterlibatan media sosial akun Instagram Flashy.
Perpustakaan Digital ITB