digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Pikiran Rakyat merupakan sebuah perusahaan media massa penyedia berita melalui berbagai macam saluran, yakni radio, koran dan internet. Untuk menyesuaikan perilaku masyarakat saat ini yang membaca berita melalui teknologi digital, PT Pikiran Rakyat membuat produk e-paper atau koran elektronik yang bisa diakses melalui aplikasi MyPikiranRakyat dengan biaya berlangganan Rp 30.000. Namun, bisnis e-paper belum sesuai ekspektasi perusahaan. Saat ini jumlah pelanggan e-paper masih sangat sedikit dan perusahaan pun belum mengetahu strategi bisnis untuk mengembangkan e-paper. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menaganlisi kondisi bisnis internal dan eksternal Pikiran Rakyat. Teknik pengumpulan data dilakukan mewawancara internal dan eksternal Pikiran Rakyat serta menyebar survey kepada pembaca Pikiran Rakyat. Peneliti melakukan kajian terhadap model bisnis apa yang paling tepat diterapkan untuk menjual e-paper Pikiran Rakyat. Di berbagai negara, ada tiga model bisnis yang diterapkan terhadap produk berita digital berbayar, yakni paywall, fundraising dan brand extension. Masing-masing model bisnis memberikan manfaat lebih kepada pembaca. Dari hasil kajian peneliti, model bisnis brand extension paling tepat diterapkan untuk menjual e-paper Pikiran Rakyat karena berbagai faktor pendukung seperti kepercayaan pelanggan terhadap nama besar brand Pikiran Rakyat, reputasi Pikiran Rakyat sebagai media yang baik, serta sumber daya manusia yang tersedia untuk menjalankan model bisnis tersebut. Adapun, manfaat lebih yang akan diberikan kepada pembaca dalam model bisnis brand extension yaitu pelatihan menulis, fotografi dan pembuatan video, seminar edukasi serta data Jawa Barat. Manfaat lebih tersebut bisa diimplementasikan dalam waktu yang cepat untuk menghasilkan pemasukan bagi Pikiran Rakyat.