digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP AMALIA NURHIDAYATI 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

COVID-19 mengubah berbagai aspek di industri ritel. Banyak retail harus tutup selama pandemi ini. Retail furnitur online di Indonesia mulai melihat perubahan perilaku baru dalam kebiasaan berbelanja, yang berubah selama setahun terakhir menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan. Untuk bertahan di tengah persaingan, peritel furnitur membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya melalui strategi visual merchandising. Strategi VM dapat berdampak pada beberapa aspek, yaitu preferensi konsumen, perilaku konsumen, dan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan strategi Visual Merchandising antara retail offline dan retail online terhadap preferensi konsumen untuk membeli produk di IKEA, Dekoruma. Metode: menggunakan metode campuran dengan 3 variabel yang akan diteliti, strategi visual merchandising offline, strategi visual merchandising online dan preferensi konsumen. Survei terhadap 104 pelanggan retail di Jabodetabek akan dikembangkan untuk melakukan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini untuk memberikan wawasan yang komprehensif tentang strategi visual merchandising di retail offline dan online yang mempengaruhi preferensi konsumen