Perkembangan zaman yang terus berubah dan semakin canggih dari waktu ke waktu memaksa
musik untuk beradaptasi. Yang terlihat akhir-akhir ini misalnya penjualan album fisik turun drastis
dan tergantikan dengan hadirnya musik streaming online seperti Spotify yang semakin diminati
masyarakat dapat dilihat pada Gambar 1 yang menunjukkan ada peningkatan jumlah pelanggan
Spotify premium di seluruh dunia dari kuartal 1 2015 hingga kuartal 3 2021. Menurut
Kemenparekraf, musik didefinisikan sebagai semua jenis bisnis dan aktivitas kreatif yang terkait
dengan pendidikan, kreasi, perekaman, promosi, distribusi, penjualan, dan juga musik. pertunjukan
seni. Di Indonesia, musik termasuk dalam salah satu sub sektor ekonomi kreatif. Musik
diproyeksikan menjadi ekonomi nasional berkelanjutan yang mengutamakan nilai tambah bagi
kebaikan melalui pemikiran dan kreativitas manusia, yang dapat membawa manfaat ekonomi bagi
yang terlibat di dalamnya serta meningkatkan kualitas hidup penontonnya. Pendidikan formal dapat
ditempuh dengan mengambil jurusan atau mata pelajaran yang khusus dipelajari tentang musik di
perguruan tinggi.
Dampak COVID-19 juga dirasakan oleh penyelenggara pendidikan nonformal seperti IMS Dago
yang mengalami penurunan siswa yang signifikan sejak COVID-19 melanda Indonesia. Dengan
situasi yang tidak pasti saat ini dan persaingan yang ketat di industri ini, IMS Dago bergerak untuk
merumuskan strategi untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya yang dapat membantu
perusahaan terus menjadi pemimpin pasar di industri dan menarik lebih banyak pelanggan.
Sebelum merumuskan strategi yang tepat untuk IMS Dago, perlu dilakukan analisis eksternal dan
internal. Setelah melakukan analisis SWOT, penulis menggunakan analisis matriks TOWS dan
Strategi Pemasaran untuk membuat solusi agar Indiz Music School dapat menciptakan nilai yang
lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya. Berdasarkan analisis Matriks TOWS, terdapat total
12 alternatif dan dibagi menjadi 4 segmen yang berbeda yaitu Strategi SO, Strategi WO, Strategi
ST, dan strategi WT dan Strategi Pemasaran yang menerapkan bauran pemasaran, STP dan Value
Proposition.
Perpustakaan Digital ITB