PT Telkom Akses merupakan anak perusahaan Telkom yang berperan penting dalam mendukung
infrastruktur jaringan, meningkatkan proses bisnis, dan menyediakan teknisi yang handal.
Perusahaan mengelola proyek dalam jumlah besar berdasarkan surat pesanan pekerjaan
dikeluarkan oleh PT Telkom. Namun, target penyelesaian proyek secara keseluruhan dinilai masih
rendah, dan banyak proyek yang belum diselesaikan administrasinya. Penelitian ini dilakukan
untuk mengevaluasi manajemen proyek di Telkom Akses, mengetahui area pengetahuan dan
proses yang dapat ditingkatkan dan memberikan saran perbaikan berdasarkan temuan penelitian
ini untuk menerapkan tindakan korektif sebagai pembelajaran untuk proyek-proyek masa depan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode wawancara dan diskusi untuk
mengumpulkan data primer dan mengumpulkan dokumen internal dan studi pustaka sebagai
sumber data sekunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Project Management
Body of Knowledge (PMBOK) dan current reality tree untuk mengidentifikasi akar penyebab
masalah dalam penelitian ini.
Kegiatan yang dibahas dalam penelitian ini fokus pada grup proses eksekusi, pemantauan, dan
pengendalian dalam manajemen integrasi proyek, sumber daya, dan komunikasi. Beberapa
rekomendasi diajukan kepada PT Telkom Akses, didukung dengan matriks prioritas yang
membantu peneliti mengklasifikasikan usulan mana yang harus segera dilaksanakan. Jadwal
implementasi disediakan sebagai panduan untuk melaksanakan solusi yang diusulkan.
Perpustakaan Digital ITB