digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Telkom Akses merupakan anak perusahaan Telkom yang berperan penting dalam mendukung infrastruktur jaringan, meningkatkan proses bisnis, dan menyediakan teknisi yang handal. Perusahaan mengelola proyek dalam jumlah besar berdasarkan surat pesanan pekerjaan dikeluarkan oleh PT Telkom. Namun, target penyelesaian proyek secara keseluruhan dinilai masih rendah, dan banyak proyek yang belum diselesaikan administrasinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi manajemen proyek di Telkom Akses, mengetahui area pengetahuan dan proses yang dapat ditingkatkan dan memberikan saran perbaikan berdasarkan temuan penelitian ini untuk menerapkan tindakan korektif sebagai pembelajaran untuk proyek-proyek masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode wawancara dan diskusi untuk mengumpulkan data primer dan mengumpulkan dokumen internal dan studi pustaka sebagai sumber data sekunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK) dan current reality tree untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah dalam penelitian ini. Kegiatan yang dibahas dalam penelitian ini fokus pada grup proses eksekusi, pemantauan, dan pengendalian dalam manajemen integrasi proyek, sumber daya, dan komunikasi. Beberapa rekomendasi diajukan kepada PT Telkom Akses, didukung dengan matriks prioritas yang membantu peneliti mengklasifikasikan usulan mana yang harus segera dilaksanakan. Jadwal implementasi disediakan sebagai panduan untuk melaksanakan solusi yang diusulkan.