Pertumbuhan industri kopi memang semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan maraknya
peningkatan kedai kopi di Indonesia, khususnya di Bandung, Jawa Barat. Di tengah era pandemi
Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020, sangat mempengaruhi intensitas persaingan dan
turunnya pendapatan penjualan di sektor makanan dan minuman khususnya kedai kopi, akibat
peraturan pemerintah yang melarang masyarakat makan di tempat. seperti kafe, restoran atau kedai
kopi. Cupola Supratman merupakan brand coffee shop yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat
yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 sehingga juga merasakan pengaruh yang besar di masa
pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi bisnis Cupola Supratman saat ini dan
mengusulkan strategi pemasaran baru untuk menentukan preferensi pelanggan di tempat makan
saat pandemi menggunakan analisis conjoint. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode
campuran untuk penelitian ini. Dari hasil tersebut, dilakukan survei online terhadap 101 konsumen
Cupola Supratman. Keterbatasan penelitian ini adalah penelitian ini hanya mengkaji preferensi
konsumen dalam melakukan dine-in di tengah pandemi di Cupola Supratman. Karena pandemi
yang muncul selama penelitian, survei hanya dilakukan secara online. Beberapa atribut yang akan
dianalisis adalah: Harga, Lokasi, Fasilitas, Menu, dan Suasana. Temuan penelitian ini adalah
pelanggan lebih menyukai kedai kopi yang menawarkan harga terjangkau, lokasi dekat, fasilitas
lengkap, menu minuman dan makanan yang ditawarkan, serta suasana yang instagrammable.
Perpustakaan Digital ITB