digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan industri kopi memang semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan maraknya peningkatan kedai kopi di Indonesia, khususnya di Bandung, Jawa Barat. Di tengah era pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020, sangat mempengaruhi intensitas persaingan dan turunnya pendapatan penjualan di sektor makanan dan minuman khususnya kedai kopi, akibat peraturan pemerintah yang melarang masyarakat makan di tempat. seperti kafe, restoran atau kedai kopi. Cupola Supratman merupakan brand coffee shop yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 sehingga juga merasakan pengaruh yang besar di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi bisnis Cupola Supratman saat ini dan mengusulkan strategi pemasaran baru untuk menentukan preferensi pelanggan di tempat makan saat pandemi menggunakan analisis conjoint. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode campuran untuk penelitian ini. Dari hasil tersebut, dilakukan survei online terhadap 101 konsumen Cupola Supratman. Keterbatasan penelitian ini adalah penelitian ini hanya mengkaji preferensi konsumen dalam melakukan dine-in di tengah pandemi di Cupola Supratman. Karena pandemi yang muncul selama penelitian, survei hanya dilakukan secara online. Beberapa atribut yang akan dianalisis adalah: Harga, Lokasi, Fasilitas, Menu, dan Suasana. Temuan penelitian ini adalah pelanggan lebih menyukai kedai kopi yang menawarkan harga terjangkau, lokasi dekat, fasilitas lengkap, menu minuman dan makanan yang ditawarkan, serta suasana yang instagrammable.