digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

NUANI Bistro & Tea adalah restoran semi fine dining dengan konsep ruang indooroutdoor yang unik dan tematik, serta berbagai pilihan makanan Indonesia dan Barat. Selama Pandemi COVID-19, pembatasan aktivitas yang diberlakukan oleh pemerintah dan perubahan perilaku konsumen selama pandemi yang berdampak negatif terhadap pendapatan NUANI Bistro & Tea. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai penurunan pendapatan dari pelanggan langsung NUANI Bistro & Tea. Oleh karena itu, pembahasan penelitian ini berfokus pada pembuatan proposal bisnis untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif bagi NUANI Bistro & Tea dengan mengoptimalkan digital marketing mereka. Untuk mengusulkan strategi pemasaran digital yang tepat, penulis menganalisis elemen internal dan eksternal perusahaan. Analisis internal dilakukan dengan menggunakan Analisis STP dan Marketing Mix 7Ps, sedangkan analisis eksternal dilakukan dengan Analisis PEST, Analisis Lima Kekuatan Porter, dan Kerangka Porter untuk Analisis Pesaing. Selanjutnya penulis menyebarkan kuesioner kepada pelanggan existing NUANI Bistro & Tea. Kemudian, penulis melakukan Root Cause Analysis untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari masalah dan melakukan Analisis Matriks TOWS untuk mengusulkan solusi untuk masalah bisnisnya. Hasil dari penelitian ini adalah penulis menyarankan enam strategi untuk menghadapi tantangan bisnisnya, yaitu dengan aktif melakukan promosi di media sosial Instagram, mengoptimalkan media sosial Instagram, memasarkan NUANI Bistro & Tea sebagai venue indoor-outdoor, membuat kampanye photo competition Sebagai syarat untuk mengikuti giveaway produk, memperluas channel online dengan bermitra dengan penyedia jasa pesan-antar makanan sebagai merchant, dan membuat banner iklan yang menarik untuk dipasang di komplek perumahan Cibubur.