Saat ini dunia sedang dihadapi dengan pandemi COVID-19, dimana segala aspek kehidupan
terkena dampaknya, termasuk di Indonesia. Peristiwa ini memaksa orang-orang untuk tetap
berada di rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Untuk itu X, sebagai salah satu perusahaan
teknologi transportasi terkemuka di Asia Tenggara, berinisiatif untuk meluncurkan salah satu
jasanya XA di Indonesia. XA ini merupakan jasa untuk membantu pelanggan yang selalu perlu
pergi keluar atau memiliki tugas untuk berbelanja atau membeli barang-barang pribadi. Namun,
selama situasi pandemi, orang cenderung tinggal di rumah demi keselamatan mereka. Oleh
karena itu, X menghadirkan XA sebagai solusi bagi pelanggan untuk berbelanja.
Melalui XA, pelanggan dapat mencari toko atau cukup mengklik toko terdekat dan daftar barang
yang mereka butuhkan dan memesannya untuk diambil oleh pengemudi. Jika pelanggan perlu
memberi tahu detailnya kepada pengemudi melalui obrolan.
Namun, setelah survey dilakukan dan masih banyak pengguna X yang tidak sadar dengan
kegunaan XA, dimana bisa dapat dilihat bahwa permasalahan di sini, kurangnya masalah
komunikasi dan meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap XA.
Penulis mengambil 3 faktor yang dianalisa seperti keefektifan sosial media; kata kunci dan kreasi
konten; serta aspek produk dalam marketing. Untuk mengambil masukkan dari pihak eksternal
terkait 3 faktor tersebut, penulis melakukan analisa terhadap 10 konsumen.
Formulasi yang dilakukan oleh penulis untuk menyelesaikan masalah komunikasi pada XA ini,
dilakukan bertahap mulai dari membentuk kata kunci, menganalisa kata kunci yang mudah
dipahami konsumen dan kreasi konten yang dibuat sesuai dengan tren yang sedang ramai di
sosial media. Serta, diarahkan untuk penggunaan sosial media influencers untuk mempromosikan
XA.
Diharapkan hasil dan strategi yang dibentuk dapat membantu menyelasaikan masalah yang
dihadapi oleh XA
Perpustakaan Digital ITB