digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini dunia sedang dihadapi dengan pandemi COVID-19, dimana segala aspek kehidupan terkena dampaknya, termasuk di Indonesia. Peristiwa ini memaksa orang-orang untuk tetap berada di rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Untuk itu X, sebagai salah satu perusahaan teknologi transportasi terkemuka di Asia Tenggara, berinisiatif untuk meluncurkan salah satu jasanya XA di Indonesia. XA ini merupakan jasa untuk membantu pelanggan yang selalu perlu pergi keluar atau memiliki tugas untuk berbelanja atau membeli barang-barang pribadi. Namun, selama situasi pandemi, orang cenderung tinggal di rumah demi keselamatan mereka. Oleh karena itu, X menghadirkan XA sebagai solusi bagi pelanggan untuk berbelanja. Melalui XA, pelanggan dapat mencari toko atau cukup mengklik toko terdekat dan daftar barang yang mereka butuhkan dan memesannya untuk diambil oleh pengemudi. Jika pelanggan perlu memberi tahu detailnya kepada pengemudi melalui obrolan. Namun, setelah survey dilakukan dan masih banyak pengguna X yang tidak sadar dengan kegunaan XA, dimana bisa dapat dilihat bahwa permasalahan di sini, kurangnya masalah komunikasi dan meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap XA. Penulis mengambil 3 faktor yang dianalisa seperti keefektifan sosial media; kata kunci dan kreasi konten; serta aspek produk dalam marketing. Untuk mengambil masukkan dari pihak eksternal terkait 3 faktor tersebut, penulis melakukan analisa terhadap 10 konsumen. Formulasi yang dilakukan oleh penulis untuk menyelesaikan masalah komunikasi pada XA ini, dilakukan bertahap mulai dari membentuk kata kunci, menganalisa kata kunci yang mudah dipahami konsumen dan kreasi konten yang dibuat sesuai dengan tren yang sedang ramai di sosial media. Serta, diarahkan untuk penggunaan sosial media influencers untuk mempromosikan XA. Diharapkan hasil dan strategi yang dibentuk dapat membantu menyelasaikan masalah yang dihadapi oleh XA