Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan kekayaan alam yang melimpah. Produk
pertanian di Indonesia mengalami oversupply, sedangkan permintaan pasar produk
pertanian di luar negeri sangat besar. Great Fresh Asia adalah perusahaan yang mengekspor
hasil pertanian di UKM. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu mengusulkan
Great Fresh Asia untuk pendekatan bisnisnya berdasarkan kondisi saat ini, dan
menyarankan strategi pemasaran Great Fresh Asia sebagai bisnis baru dalam perdagangan
internasional.
Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penilaian dilakukan dengan menganalisis kondisi
eksternal dan internal. Analisis eksternal dilakukan dengan Analisis PESTEL dan Analisis
Lima Kekuatan Porter. Kemudian analisis internal disimpulkan dengan Analisis VRIO,
Analisis STP dan Analisis SWOT. Kemudian, wawancara kualitatif dilakukan dengan tiga
orang yang diwawancarai yang terlibat dalam perdagangan internasional. Selanjutnya
untuk mengetahui solusi bisnis penelitian ini menggunakan Strategy Diamond Model,
TOWS Matrix, AIDA+R Analysis dan Sales Funnel Analysis.
Untuk menjawab kondisi saat ini, perusahaan harus melakukan pendekatan langsung
dengan importir, fokus pada area tertentu yang memiliki perjanjian perdagangan
internasional, dan menyediakan fakta nutrisi dalam katalog produk untuk memperkuat
nilai-nilai perusahaan, membangun hubungan baik dengan mitra, memprioritaskan
pemasok yang memiliki biaya terendah. pengiriman, dan terbuka untuk setiap peluang dan
produk untuk dijual, harga produk terkunci dalam jumlah tertentu dan kontrol kualitas yang
kuat. Akhirnya untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan perusahaan dapat
menawarkan harga khusus untuk pelanggan setia dan memberikan layanan profesional.
Perpustakaan Digital ITB