digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan kekayaan alam yang melimpah. Produk pertanian di Indonesia mengalami oversupply, sedangkan permintaan pasar produk pertanian di luar negeri sangat besar. Great Fresh Asia adalah perusahaan yang mengekspor hasil pertanian di UKM. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu mengusulkan Great Fresh Asia untuk pendekatan bisnisnya berdasarkan kondisi saat ini, dan menyarankan strategi pemasaran Great Fresh Asia sebagai bisnis baru dalam perdagangan internasional. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penilaian dilakukan dengan menganalisis kondisi eksternal dan internal. Analisis eksternal dilakukan dengan Analisis PESTEL dan Analisis Lima Kekuatan Porter. Kemudian analisis internal disimpulkan dengan Analisis VRIO, Analisis STP dan Analisis SWOT. Kemudian, wawancara kualitatif dilakukan dengan tiga orang yang diwawancarai yang terlibat dalam perdagangan internasional. Selanjutnya untuk mengetahui solusi bisnis penelitian ini menggunakan Strategy Diamond Model, TOWS Matrix, AIDA+R Analysis dan Sales Funnel Analysis. Untuk menjawab kondisi saat ini, perusahaan harus melakukan pendekatan langsung dengan importir, fokus pada area tertentu yang memiliki perjanjian perdagangan internasional, dan menyediakan fakta nutrisi dalam katalog produk untuk memperkuat nilai-nilai perusahaan, membangun hubungan baik dengan mitra, memprioritaskan pemasok yang memiliki biaya terendah. pengiriman, dan terbuka untuk setiap peluang dan produk untuk dijual, harga produk terkunci dalam jumlah tertentu dan kontrol kualitas yang kuat. Akhirnya untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan perusahaan dapat menawarkan harga khusus untuk pelanggan setia dan memberikan layanan profesional.