digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fish n Chick Xpress adalah brand kuliner yang berdiri pada tahun 2019 dengan menu utama olahan ikan dori. Pada Maret 2020 perusahaan mengalami penurunan pendapatan akibat adanya pandemi COVID-19 yang mulai menyebar di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen, serta dampak secara internal maupun eksternal dari FnC Xpress. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi bisnis yang tepat di era normal baru serta mengetahui bagaimana menumbuhkan strategi bisnis agar dapat terus bertahan di masa pandemik. Penelitian ini menggunakan internal dan eksternal analisis untuk mengetahui kondisi perusahaan dan mencari tahu sumber permasalahan FnC Xpress. Analisis internal penelitian ini menggunakan analisis STP, pemasaran campuran dan model bisnis kanvas untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Hasil analisis internal menunjukkan adanya kekurangan pada strategi pemasaran, jangkauan pada pelanggan, dan inovasi produk yang adapatif di era normal baru. Pada eksternal analisis, perusahaan menggunakan analisis pelanggan, analaisis porter’s five forces, serta analisis pesaing. Hasil analisis eksternal menunjukkan bahwa tingginya angka persaingan serta adanya peruabahan perilaku konsumen di era normal baru menyebabkan turunnya pendapatan pada FnC Xpress. Rekomendasi dari penulis pada penelitian ini adalah penambahan inovasi menu baru berupa makanan sehat serta makanan beku, optimalisasi sosial media sebagai strategi untuk meningkatkan kegiatan promosi dan pemasaran, ekspansi perusahaan secara offline dan online untuk memperluas jangkauan pelanggan, dan sebagai respon terhadap covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di era normal baru. Peneliti akan mengembangkan produk baru dan mendaftarkan platform pengiriman makanan pada bulan pertama. Pada bulan kedua, perusahaan sudah dapat menjual produk baru; meningkatkan aktivitas pemasaran perusahaan dibantu oleh staf marketing professional; dan memperluas jangkauan pelanggan secara online setelah proses registrasi akun selesai. Evaluasi produk baru akan dilakukan setelah 2 bulan pemasaran. Sedangkan perluasan jangkauan pelanggan secara offline menggunakan konsep gerai ghost kitchen dan gerai festival kuliner dapat dilakukan setelah kondisi pandemik membaik.