Fish n Chick Xpress adalah brand kuliner yang berdiri pada tahun 2019 dengan menu utama
olahan ikan dori. Pada Maret 2020 perusahaan mengalami penurunan pendapatan akibat
adanya pandemi COVID-19 yang mulai menyebar di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan
terjadinya perubahan perilaku konsumen, serta dampak secara internal maupun eksternal dari
FnC Xpress. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi bisnis yang tepat di era
normal baru serta mengetahui bagaimana menumbuhkan strategi bisnis agar dapat terus
bertahan di masa pandemik.
Penelitian ini menggunakan internal dan eksternal analisis untuk mengetahui kondisi
perusahaan dan mencari tahu sumber permasalahan FnC Xpress. Analisis internal penelitian
ini menggunakan analisis STP, pemasaran campuran dan model bisnis kanvas untuk
mengetahui kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Hasil analisis internal menunjukkan
adanya kekurangan pada strategi pemasaran, jangkauan pada pelanggan, dan inovasi produk
yang adapatif di era normal baru. Pada eksternal analisis, perusahaan menggunakan analisis
pelanggan, analaisis porter’s five forces, serta analisis pesaing. Hasil analisis eksternal
menunjukkan bahwa tingginya angka persaingan serta adanya peruabahan perilaku konsumen
di era normal baru menyebabkan turunnya pendapatan pada FnC Xpress.
Rekomendasi dari penulis pada penelitian ini adalah penambahan inovasi menu baru berupa
makanan sehat serta makanan beku, optimalisasi sosial media sebagai strategi untuk
meningkatkan kegiatan promosi dan pemasaran, ekspansi perusahaan secara offline dan online
untuk memperluas jangkauan pelanggan, dan sebagai respon terhadap covid-19 dengan
menerapkan protokol kesehatan di era normal baru. Peneliti akan mengembangkan produk baru
dan mendaftarkan platform pengiriman makanan pada bulan pertama. Pada bulan kedua,
perusahaan sudah dapat menjual produk baru; meningkatkan aktivitas pemasaran perusahaan
dibantu oleh staf marketing professional; dan memperluas jangkauan pelanggan secara online
setelah proses registrasi akun selesai. Evaluasi produk baru akan dilakukan setelah 2 bulan
pemasaran. Sedangkan perluasan jangkauan pelanggan secara offline menggunakan konsep
gerai ghost kitchen dan gerai festival kuliner dapat dilakukan setelah kondisi pandemik
membaik.
Perpustakaan Digital ITB