Masyarakat sekarang mulai menjalani kegiatan yang mendukung terhadap tindakan pencegahan
terhadap penyakit berbahaya tersebut, seperti olahraga, menjaga kesehatan mental dan yang paling
utama adalah mengkonsumsi makanan sehat. Peningkatan jumlah kesadaran masyarakat akan
makanan sehat ini membuat sektor bisnis kuliner meningkat. Miethy, sebuah bisnis makanan sehat
rumahan, juga akan dapat menawarkan berbagai makanan sehat. Di masa pandemi Covid-19,
seluruh penjualan bisnis kuliner, termasuk Miethy, menurun dan kompetitif secara komersial.
Miethy mengalami penurunan penjualan sebesar 23% setelah empat bulan peluncuran. Selama
bisnis ini berjalan, penjualan produk Miethy selalu di bawah target penjualan dan arus keuangan
tidak terkendali. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi Miethy saat ini,
untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan, dan apa rencana
pemasaran yang ideal untuk Miethy's di masa depan.
Metode kualitatif yang digunakan untuk analisis internal dan eksternal, yaitu analisis STP, analisis
bauran pemasaran 4P, Five Porter’s Forces, Analisis Kompetitif dan Analisis Pelanggan. Analisis
internal dan eksternal yang dilakukan ini membuat nilai SWOT perusahaan terjawab. Analisis
internal dilihat dari data internal Miethy, ditemukan bahwa aktivitas pemasaran Miethy belum
memadai, dan strategi bauran pemasaran masih belum sesuai dengan segmentasi, target, dan posisi
pasar Miethy. Analisis eksternal dilakukan dengan menganalisis pesaing dan juga menyebarkan
kuesioner menggunakan Google Form kepada 67 responden. Hasil yang didapatkan yaitu Miethy
mengalami persaingan yang tinggi dibandingkan para pesaingnya karena kurangnya branding
perusahaan. Dan kuisioner digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui analisis perilaku
pelanggan saat membeli suatu produk dan mempertimbangkan produk Miethy.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Miethy dituntut untuk mendesain ulang strategi pemasaran yang
baru. Strategi pemasaran baru yang menjadi solusi dari penelitian ini adalah marketing mix 4P yang
baru. Miethy akan membuat varian produk baru yaitu “Kudapan Mie Sehat” dengan empat rasa
(kari ayam, keju dan pedas). Penjualan produk terbaru Miethy akan dipasarkan di Bandung dengan
kisaran harga 20.000 hingga 30.000. Dan Miethy juga harus mengoptimalkan digital marketing
seperti di media sosial dan online marketplace untuk promosinya.
Perpustakaan Digital ITB