digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertambahan jumlah penduduk di Indonesia yang signifikan dalam beberapa dasawarsa terakhir menjadikan pasar peluang bisnis yang menjanjikan karena adanya keuntungan demografi usia produktif bagi berbagai industri termasuk di industri perlengkapan tidur. Kenaikan pengguna internet yang didominasi digunakan untuk menggunakan sosial media dan e-commerce menjadikan kompetisi tersendiri bagi pelaku bisnis online termasuk di dalamnya Adizas Store. Adizas Store ingin terus meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak konsumen dan pasar baru di seluruh Indonesia. Adizas Store merupakan sebuah platform toko online yang menyediakan berbagai perlengkapan tidur seperti sprei dan bedcover yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat. Permasalahan yang dialami Adizas Store adalah adanya penurunan penjualan yang berlangsung selama satu tahun terakhir (Maret 2020 - April 2021). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akar penyebab permasalahan yang dihadapi oleh Adizas Store. Kedua, untuk mengetahui kondisi bisnis Adizas Store yang sedang berlangsung saat ini. Ketiga, untuk mengusulkan strategi pemasaran digital yang tepat untuk meningkatkan performa penjualan Adizas Store di masa yang akan datang. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisa bisnis yang digunakan terdiri dari metode STP (Segmenting, Targeting, Positioning), Marketing Mix 4P’s, Porter’s 5 Forces dan analisis kompetitor dan konsumen. Penelitian ini mengusulkan strategi pemasaran digital dengan menggunakan kerangka kerja perencanaan RACE. Kuesioner sebanyak 101 respondent telah di analisa untuk mendapatkan pandangan dari sisi pelanggan dalam menentukan strategi marketing selanjutnya. Selain itu juga telah dilakukan wawancara dengan tiga orang ahli dan praktisi digital marketing untuk mendapatkan pandangan lebih mendalam. Dari analisa akar penyebab masalah ditemukan bahwa penyebab penuruan penjualan di Adizas Store karena lima faktor berikut yaitu faktor tempat yang bergantung pada marketplace, tidak ada varian produk baru, promosi yang rendah, harga yang kurang kompetitif dan menurunya daya belanja masyarakat karena terjadinya pandemi Covid-19. Berdasarkan kerangkan kerja perencanaan RACE Adizas Store harus melakukan strategi yang terdiri dari Reach (bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan membangun kesadaran calon pelanggan potensial), Act (bertujuan untuk mengarahkan interaksi anatara brand dengan calon pelanggan), kemudain Convert (bertujuan untuk meningkatkan konversi penjualan dan nilai transaksi) dan Engage (bertujuan untuk membangun pelanggan loyal dan pelanggan setia pada brand).