Pertambahan jumlah penduduk di Indonesia yang signifikan dalam beberapa dasawarsa terakhir
menjadikan pasar peluang bisnis yang menjanjikan karena adanya keuntungan demografi usia produktif
bagi berbagai industri termasuk di industri perlengkapan tidur. Kenaikan pengguna internet yang
didominasi digunakan untuk menggunakan sosial media dan e-commerce menjadikan kompetisi tersendiri
bagi pelaku bisnis online termasuk di dalamnya Adizas Store. Adizas Store ingin terus meningkatkan
penjualan dan menjangkau lebih banyak konsumen dan pasar baru di seluruh Indonesia. Adizas Store
merupakan sebuah platform toko online yang menyediakan berbagai perlengkapan tidur seperti sprei dan
bedcover yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat. Permasalahan yang dialami Adizas Store adalah adanya
penurunan penjualan yang berlangsung selama satu tahun terakhir (Maret 2020 - April 2021). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui akar penyebab permasalahan yang dihadapi oleh Adizas Store.
Kedua, untuk mengetahui kondisi bisnis Adizas Store yang sedang berlangsung saat ini. Ketiga, untuk
mengusulkan strategi pemasaran digital yang tepat untuk meningkatkan performa penjualan Adizas Store
di masa yang akan datang.
Metode penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisa bisnis yang
digunakan terdiri dari metode STP (Segmenting, Targeting, Positioning), Marketing Mix 4P’s, Porter’s 5
Forces dan analisis kompetitor dan konsumen. Penelitian ini mengusulkan strategi pemasaran digital
dengan menggunakan kerangka kerja perencanaan RACE. Kuesioner sebanyak 101 respondent telah di
analisa untuk mendapatkan pandangan dari sisi pelanggan dalam menentukan strategi marketing
selanjutnya. Selain itu juga telah dilakukan wawancara dengan tiga orang ahli dan praktisi digital
marketing untuk mendapatkan pandangan lebih mendalam. Dari analisa akar penyebab masalah
ditemukan bahwa penyebab penuruan penjualan di Adizas Store karena lima faktor berikut yaitu faktor
tempat yang bergantung pada marketplace, tidak ada varian produk baru, promosi yang rendah, harga
yang kurang kompetitif dan menurunya daya belanja masyarakat karena terjadinya pandemi Covid-19.
Berdasarkan kerangkan kerja perencanaan RACE Adizas Store harus melakukan strategi yang terdiri dari
Reach (bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan membangun kesadaran calon pelanggan potensial),
Act (bertujuan untuk mengarahkan interaksi anatara brand dengan calon pelanggan), kemudain Convert
(bertujuan untuk meningkatkan konversi penjualan dan nilai transaksi) dan Engage (bertujuan untuk
membangun pelanggan loyal dan pelanggan setia pada brand).
Perpustakaan Digital ITB