Cepotatoes adalah salah satu perusahaan rintisan di industri makanan dan minuman di Bandung yang
dibentuk pada 2017. Cepotatoes membuka gerai dari 2017 hingga 2019. Akan tetapi, pada awal 2020
mereka beralih ke cloud kitchen yang hanya melayani pemesanan secara daring karena dampak pandemi
covid-19. Mereka kemudian fokus menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran
untuk mempromosikan produk. Namun, Cepotatoes belum maksimal menggunakan media sosial
sebagai alat komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk. Hal itu terlihat dari rendahnya
keterlibatan pelanggan di instagram Cepotatoes yang dilihat dari jumlah like, comment, dan share.
Selain itu, Cepotatoes juga tidak konsisten dalam mengupload konten di media sosial. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan pertama untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan
pelanggan pada media sosial. Kedua, mengembangkan strategi pemasaran media sosial untuk
meningkatkan keterlibatan pelanggan pada instagram Cepotatoes. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan permasalahan. Pertama, penelitian ini
melakukan internal analisis dengan menggunakan pendekatan STP, Bauran pemasaran, analisis VRIO.
Kedua, penelitian ini melakukan eksternal analisis dengan menggunakan pendekatan PESTEL, Porter’s
Five Forces, dan analisis kompetitor. Hasil analisis internal dan eksternal dirangkum dalam analisis
SWOT. Ketiga, penelitian ini melakukan analisis perilaku konsumen pada social media untuk
mengetahui apakah tiga faktor, yaitu konten menghibur, konten informatif, dan konten remunerasi
berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan pada media sosial Cepotatoes. Berdasarkan
hasil penelitian, konten menghibur, konten informatif, dan konten remunerasi berpengaruh signifikan
terhadap keterlibatan pelanggan pada media sosial Cepotatoes. Kemudian, penelitian ini
mengembangkan strategi pemasaran media sosial yang relevan bagi Cepotatoes berdasarkan hasil
analisis SWOT yang diintegrasikan dengan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan
pelanggan. Penelitian ini merekomendasikan Cepotatoes untuk meningkatkan penggunaan konten
menghibur, konten informatif, dan konten remunerasi untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan di
media sosial.
Perpustakaan Digital ITB