digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cepotatoes adalah salah satu perusahaan rintisan di industri makanan dan minuman di Bandung yang dibentuk pada 2017. Cepotatoes membuka gerai dari 2017 hingga 2019. Akan tetapi, pada awal 2020 mereka beralih ke cloud kitchen yang hanya melayani pemesanan secara daring karena dampak pandemi covid-19. Mereka kemudian fokus menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk. Namun, Cepotatoes belum maksimal menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk. Hal itu terlihat dari rendahnya keterlibatan pelanggan di instagram Cepotatoes yang dilihat dari jumlah like, comment, dan share. Selain itu, Cepotatoes juga tidak konsisten dalam mengupload konten di media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan pertama untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan pelanggan pada media sosial. Kedua, mengembangkan strategi pemasaran media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan pada instagram Cepotatoes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan permasalahan. Pertama, penelitian ini melakukan internal analisis dengan menggunakan pendekatan STP, Bauran pemasaran, analisis VRIO. Kedua, penelitian ini melakukan eksternal analisis dengan menggunakan pendekatan PESTEL, Porter’s Five Forces, dan analisis kompetitor. Hasil analisis internal dan eksternal dirangkum dalam analisis SWOT. Ketiga, penelitian ini melakukan analisis perilaku konsumen pada social media untuk mengetahui apakah tiga faktor, yaitu konten menghibur, konten informatif, dan konten remunerasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan pada media sosial Cepotatoes. Berdasarkan hasil penelitian, konten menghibur, konten informatif, dan konten remunerasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan pada media sosial Cepotatoes. Kemudian, penelitian ini mengembangkan strategi pemasaran media sosial yang relevan bagi Cepotatoes berdasarkan hasil analisis SWOT yang diintegrasikan dengan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Penelitian ini merekomendasikan Cepotatoes untuk meningkatkan penggunaan konten menghibur, konten informatif, dan konten remunerasi untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan di media sosial.