digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Didirikan pada tahun 1973, AQUA Group adalah pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia, yang kemudian menjalin kemitraan strategis dengan Danone pada tahun 1998. Danone Aqua telah menerapkan transformasi digital sekitar 8 tahun. Pada awalnya prioritasnya adalah untuk meningkatkan efisiensi banyak proses internal dan cara kerja. Motivasi di balik transformasi awal ini pada dasarnya untuk kepentingan operasi bisnis, daripada pengalaman pelanggan (meskipun manfaatnya dapat timbal balik). Saat ini transformasi digital mereka sudah mencakup banyak aspek dalam bisnis. Dalam penelitian ini, penulis mencoba menilai kematangan budaya digital Danone Aqua sebagai gambaran awal transformasi digital mereka yang telah diterapkan sejak 8 tahun lalu, untuk mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan elemen transformasi digital, untuk mengidentifikasi kesenjangan dan menetapkan fokus utama perbaikan. Studi ini menggunakan model budaya digital dari Daniel Rowles. Survei kuantitatif yang dilakukan menentukan kematangan budaya digital, melibatkan 107 staf tingkat manajerial. Survei kualitatif yang dilakukan untuk mengkonfirmasi hasil survey kuantitatif, melibatkan pemangku kepentingan utama transformasi digital. Berdasarkan studi kuantitatif dan kualitatif, penulis dapat menyimpulkan bahwa transformasi digital di Danone Aqua khususnya divisi D2D telah diimplementasikan dalam tingkat yang tepat. Ini ditunjukkan oleh tingkat kematangan budaya digital yang baik pada skor 79% dan berada di tingkat empat - proses diukur dan dikendalikan.