digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap kesadaran merek di Magic Pizza. Tujuan lain penelitian ini adalah untuk mengusulkan dan meningkatkan strategi pemasaran sehingga kesadaran merek di Magic Pizza dapat meningkat. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, email, studi literatur (jurnal, buku, dan internet), dan kuesioner. Peneliti melakukan analisis internal dan analisis eksternal. Setelah analisis internal dan analisis eksternal, dilakukan analisis SWOT. Analisis internal terdiri dari STP, bauran pemasaran, analisis sumber daya, dan analisis rantai nilai. Sementara itu, analisis eksternal terdiri dari analisis lingkungan umum, analisis lingkungan industri, analisis kompetitor, dan analisis konsumen. Analisis konsumen dilakukan dengan survei pengaruh promosi terhadap kesadaran merek di Magic Pizza. Variabel penelitian dalam survei adalah promosi dan kesadaran merek. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh promosi (variabel bebas) terhadap kesadaran merek (variabel terikat) sebesar 54,4%. Solusi bisnis yang diusulkan adalah social media improvement, QR code, training of Magic Pizza employees, dan brand mascot.