digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Lauren Angelina
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Lauren Angelina
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Lauren Angelina
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Lauren Angelina
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Lauren Angelina
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Lauren Angelina
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Saat ini travelling menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh generasi milenial karena travelling sudah menjadi gaya hidup. Oleh karena itu, tidak heran jika industri perjalanan dan pariwisata semakin hari semakin meningkat sehingga dapat dilihat sebagai industri yang berpotensi untuk digarap. Hal ini membuat banyak orang berlomba-lomba membangun bisnis travel seperti Bonita Tour and Travel. Karena banyaknya persaingan, memiliki brand awareness yang kuat menjadi kunci bagi perusahaan untuk unggul dalam persaingan bisnis. Namun, ada masalah krusial yang sangat merugikan perekonomian dunia, yaitu Pandemi Covid-19. Covid-19 merupakan epidemi global yang berdampak buruk pada dimensi manusia dan sosial. Dari sekian banyak sektor yang terkena pandemi, industri pariwisata merupakan salah satu yang terkena dampak terbesar dibandingkan dengan industri lainnya dan Bonita Tour and Travel juga terkena dampak. Salah satu dampak krusialnya adalah perubahan perilaku konsumen terhadap situasi Covid-19. Penelitian ini menganalisis permasalahan bisnis yang terdapat pada perusahaan dengan menggunakan Porter Five Forces Analysis, Business Model Canvas (BMC) Analysis, 7Ps Marketing Mix analysis, STP Model Analysis, SWOT analysis, Value Proposition Analysis, dan 5A's Analysis. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan strategi pemasaran sebagai solusi permasalahan bisnis Bonita Tour and Travel dengan menggunakan kerangka kerja RACE Analysis Planning untuk membantu mengatasi permasalahan bisnis yang dihadapi Bonita Tour and Travel.