Teknologi menjadi salah satu alat penggerak ekonomi yang mana pemerintah pun menyadari akan
perubahan tersebut, maka dari itu pemerintah sadar dengan pentingnya kreatif ekonomi sebagai
penggerak perkonomian Indonesia. Sector kreatif ekonomi terbagi menjadi 17 sektor, dimana
sektor kuliner, busana dan kerajinan tangan menjadi tiga sektor utama yang menyumbang pada
PDB Indonesia. Moselo yang didirikan oleh PT. Komunitas Karya Kencana pada tahun 2017
merupakan wadah dalam bentuk e-commerce yang berfokus pada bidang kerajinan tangan dan
ilustrasi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat kesadaran
merek dan minat membeli terhadap Moselo dengan menggunkan motivasi sebagai penggerak.
Disamping itu, Moselo sadar bahwa faktor motivasi para pengikut atau calon pembeli akan
mempengaruhi terhdap tingkat kesadaran merek dan minat membeli. Rendahnya tingkat
kesadaran merek Moselo di kalangan pengikutnya menjadi isu utama pada penelitian ini. Terdapat
tiga motivasi utama yang dapat mempengaruhi tingkat kesadaran merek dan minat beli yaitu
motivasi hedonis, utilitarian dan sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua jenis,
yang pertama dilakukan adalah dengan mengumpulkan 50 responden guna untuk data pendukung
pada masalah bisnis, dan data penelitian dikumpulkan dari 210 responden yang berasal dari
Bandung, Jakarta, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Sumatera
dengan renang usia responden 20 hingga 35 tahun. Penyebaran kuesioner dilakukan
menggunakan kuesioner daring dan diolah menggunakan aplikasi partial least square (PLS).
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah motivasi sosial berpengaruh signifikan terhadap
peningkatan interaksi konsumen dan peningkatan interaksi konsumen memiliki pengaruh
signifikan terhadap kesadaran merek, oleh karena itu faktor kesadaran merek dapat
mempengaruhi signifikan terhadap minat pembelian. Diantara keenam faktor terdapat dua faktor
yaitu hedonis dan utilitarian yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap model. Hasil
analisis keseluruhan menghasilkan beberapa alternative untuk solusi bisnis melalui pendekatan
point of parity (POP) dan point of difference (POD) serta proses pengambilan keputusan
pembelian. Selanjutnya peneliti merumuskan 5 alternatif solusi yatu dengan mengembangkan
brand ambassador, kontes, video iklan, konten Instagram dan iklan pada media sosial. Solusi yang
telah dibuat akan berkaitan satu dan lainnya sehingga Moselo dapat mengimplentasikan untuk
meningkatkan tingkat kesadaran merek dan minat pembelian.
Perpustakaan Digital ITB