digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Teknologi menjadi salah satu alat penggerak ekonomi yang mana pemerintah pun menyadari akan perubahan tersebut, maka dari itu pemerintah sadar dengan pentingnya kreatif ekonomi sebagai penggerak perkonomian Indonesia. Sector kreatif ekonomi terbagi menjadi 17 sektor, dimana sektor kuliner, busana dan kerajinan tangan menjadi tiga sektor utama yang menyumbang pada PDB Indonesia. Moselo yang didirikan oleh PT. Komunitas Karya Kencana pada tahun 2017 merupakan wadah dalam bentuk e-commerce yang berfokus pada bidang kerajinan tangan dan ilustrasi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat kesadaran merek dan minat membeli terhadap Moselo dengan menggunkan motivasi sebagai penggerak. Disamping itu, Moselo sadar bahwa faktor motivasi para pengikut atau calon pembeli akan mempengaruhi terhdap tingkat kesadaran merek dan minat membeli. Rendahnya tingkat kesadaran merek Moselo di kalangan pengikutnya menjadi isu utama pada penelitian ini. Terdapat tiga motivasi utama yang dapat mempengaruhi tingkat kesadaran merek dan minat beli yaitu motivasi hedonis, utilitarian dan sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua jenis, yang pertama dilakukan adalah dengan mengumpulkan 50 responden guna untuk data pendukung pada masalah bisnis, dan data penelitian dikumpulkan dari 210 responden yang berasal dari Bandung, Jakarta, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Sumatera dengan renang usia responden 20 hingga 35 tahun. Penyebaran kuesioner dilakukan menggunakan kuesioner daring dan diolah menggunakan aplikasi partial least square (PLS). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah motivasi sosial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan interaksi konsumen dan peningkatan interaksi konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, oleh karena itu faktor kesadaran merek dapat mempengaruhi signifikan terhadap minat pembelian. Diantara keenam faktor terdapat dua faktor yaitu hedonis dan utilitarian yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap model. Hasil analisis keseluruhan menghasilkan beberapa alternative untuk solusi bisnis melalui pendekatan point of parity (POP) dan point of difference (POD) serta proses pengambilan keputusan pembelian. Selanjutnya peneliti merumuskan 5 alternatif solusi yatu dengan mengembangkan brand ambassador, kontes, video iklan, konten Instagram dan iklan pada media sosial. Solusi yang telah dibuat akan berkaitan satu dan lainnya sehingga Moselo dapat mengimplentasikan untuk meningkatkan tingkat kesadaran merek dan minat pembelian.