Google Classroom diluncurkan pada tahun 2014 dan menjadi bagian utama dari Google Suite for
Education yang banyak digunakan di sekolah dasar sampai menengah, sekolah tinggi, perguruan tinggi
dan universitas. Meskipun popularitas pemakaian Google Classroom di sekolah dasar dan menengah,
cukup tinggi, sejak 2014 adopsi Google Classroom di kalangan universitas dan perguruan tinggi masih
rendah yang disebabkan oleh strategi yang diterapkan belum efektif lain halnya dengan strategi yang
Google Classroom terapkan di K-12. Hal ini terlihat dari Google Classroom yang belum memiliki fitur
learning management system yang memadai untuk mendukung aktivitas belajar mahasiswa, juga fitur
komunikasi antara dosen dan mahasiswa yang tidak efektif. Akibatnya, Google Classroom mendapat
penilaian buruk dari para pengguna.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu Google Classroom meningkatkan jumlah user serta
memperkuat loyalitas merek melalui perumusan strategi pemasaran dan pengaplikasiannya yang akan
dibahas dalam bab bab terlampir. Data eksternal dikumpulkan melalui analisa PESTEL, Porter’s Five
Forces, dan kompetitor yang bersumber dari jurnal, buku dan artikel. Selain itu, wawancara dengan
pengguna juga dilakukan untuk mendapatkan perspektif mendalam mengenai isu yang ada dan demi
menghasilkan solusi yang relevan. Lalu, kompetensi dan sumber daya Google Classroom juga dianalisa.
Terakhir, SWOT dan akar permasalah digali lebih lanjut.
Pada bab ketiga, ditemukan bahwa google kelas harus merekonstruksi strategi pemasarannya, beserta
STPnya. Dengan demikian, penelitian mengusulkan untuk mengubah strateginya dari cost leadership
ke integrated cost leadership and differentiation untuk menjaga keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan. Selain itu, pada bab ini STP baru dan strategi bisnis juga diusulkan untuk memastikan
strategi bisnis relevan dengan integrated cost leadership and differentiation. Solusi yang diberikan
dibuat berdasarkan matriks TOWS yang lalu dikategorikan berdasarkan Marketing Mix
Terakhir, rencana implementasi dalam satu tahun dijelaskan pada bab empat untuk memenuhi objektif
dari penelitian ini. renacana ini melampirkan aktivitas yang harus dikerjakan, sumber daya yang
diperlukan beserta orang orang yang bertanggung jawab atas penerapan strategi tersebut.
Perpustakaan Digital ITB